Cara Membangun Sistem Audio Vintage Yang Akan Bertahan Selamanya

Cara Membangun Sistem Audio Vintage Yang Akan Bertahan Selamanya – Sebagai peninjau hal-hal yang sering kali sembrono, saya terkesan dengan barang-barang kuno yang masih berfungsi seperti panci besi cor, termos berinsulasi, dan mesin jahit berusia ratusan tahun. Saya juga setuju dengan filosofi gerakan membeli barang-barang yang dibuat dengan baik yang dapat diperbaiki menghemat uang semua orang dalam jangka panjang, dan itu berarti lebih sedikit sampah di tempat pembuangan sampah.

rfconcepts

Cara Membangun Sistem Audio Vintage Yang Akan Bertahan Selamanya

rfconcepts – Memasak telur dan menjaga cairan tetap panas selama berjam-jam adalah hal yang bagus, tetapi saya sangat berterima kasih kepada manusia kutu buku yang menemukan cara mereproduksi gelombang suara secara akurat.

Tidak seperti TV, komputer, atau elektronik lainnya, stereo yang menghasilkan audio seperti aslinya tidak banyak berubah dalam beberapa dekade. Jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, Anda dapat membeli ampli dan speaker lama yang terdengar sebagus opsi terbaru dan terbaik.

Baca Juga : Review Amplifier Terintegrasi CXA61 Dari Cambridge

Bagian terbaik? Jika Anda tahu apa yang Anda cari (dan bersedia melakukan perawatan sekitar sekali per dekade), anak-anak Anda akan menikmati musik trap retro-futuristik mereka sebanyak yang Anda dapatkan dari Taylor Swift. Berikut adalah komponen klasik yang kami yakini sebagai kutu buku audio, dan beberapa tip tentang apa yang harus dicari saat membeli peralatan jadul. Jika Anda memilih dengan bijak, itu akan bertahan seumur hidup.

Craigslist, Facebook Marketplace, eBay, dan bahkan platform penjualan kembali instrumen musik Reverb adalah tempat yang bagus untuk mencari perlengkapan audio vintage yang keren. Saya juga suka berkeliling di sekitar penjualan real estat dan pegadaian, meskipun Anda harus mengambil tindakan pencegahan yang tepat di era Covid.

Amplifier dan Penerima

Penguat adalah jantung dari sistem Anda. Ini adalah hal yang Anda colokkan meja putar, pemutar CD, atau perangkat streaming Anda, dan itulah yang memberi daya pada speaker Anda. Jika Anda ingin menghemat uang dan sakit kepala, lewati ampli tabung vintage yang rewel demi sesuatu yang lebih tahan lama dari era pasca-tabung, solid-state tahun 1970-an dan 80-an. Cari juga receiver, yang biasanya (tetapi tidak selalu) sebuah amp dengan radio tuner yang terpasang di dalamnya.

Ada sejumlah merek hebat yang membuat opsi solid-state yang terdengar sangat baik dari hari-hari disko, tetapi yang terus saya kunjungi adalah NAD. Kotak hitam perusahaan bukanlah yang tercantik, tetapi Anda dapat menemukan ampli vintage ikonik seperti NAD 3020 (diperkenalkan pada tahun 1978) dengan harga di bawah $200 yang digunakan, dan mereka mengeluarkan banyak ampli modern dari air. Ketika saya di konservatori, ada ampli NAD di setiap kamar.

Saya juga menyukai ampli dan receiver lama dari Kenwood, Pioneer, Marantz, Sansui, Naim, dan Audiolab. Hal yang harus dicari adalah kenop dan komponen yang berkualitas. Pastikan amp Anda terasa relatif berat; jika terasa tipis di luar, mungkin juga rapuh di dalam. (Transformator berkualitas berat!)

Loudspeaker Pasif

Loudspeaker pasif jenis tempat Anda mencolokkan kabel speaker dan ditenagai oleh ampli eksternal—sangat tahan lama. Mereka berbeda dari speaker bertenaga, yang memiliki kabel daya sendiri dan umumnya ditemukan akhir-akhir ini dengan kemampuan AirPlay atau Bluetooth.

Tidak, speaker pasif hanyalah sebuah kotak dengan satu atau dua kerucut speaker. Mereka sederhana, dan harganya jauh lebih murah daripada sepupu bertenaga mereka. Anda bisa mendapatkan penawaran gila untuk speaker pasif tua yang fantastis di Craigslist atau di toko vintage lokal—seringkali di bawah $100 untuk pasangan yang sangat baik. Sebagian besar temuan akan langsung berfungsi, tetapi jika speaker perlu diperbaiki, pekerjaannya biasanya sangat mendasar.

Secara umum, perhatikan lemari speaker kayu solid dan nama merek yang Anda kenal. Sama seperti ampli, speaker berkualitas berat. Periksa juga busa yang mengelilingi driver berbentuk kerucut. Dalam banyak kasus, busa inilah yang lebih dulu terdegradasi, dan jika ada lubang, retak, atau keausan lainnya, busa tersebut perlu diganti. Untungnya, proses ini sangat mudah, dan sebagian besar pembicara utama memiliki kit refoaming yang tersedia.

Merek speaker vintage yang harus dicari termasuk Klipsch, JBL, Harman Kardon, Bowers & Wilkins, Bose, Boston Acoustics, Acoustic Research, dan Advent, meskipun ada banyak merek hebat lainnya dari era prog rock dan kemudian. Sekali lagi, pencarian Google cepat adalah teman Anda; itu dapat dengan mudah memberi tahu Anda apa yang berharga dan betapa mudahnya memperbaikinya.

Perlu dicatat bahwa tidak ada alasan mengapa speaker vintage tidak dapat bersaing dengan speaker modern. Tentu, mereka mungkin tidak memiliki teknologi pandu gelombang terbaru, tetapi mereka masih terdengar luar biasa. Ada alasan mengapa perusahaan seperti Klipsch dan JBL masih menerbitkan ulang desain lama ini secara teratur.

Jika Anda tidak yakin sudah berapa lama, ada baiknya juga mengganti crossover di speaker — komponen yang memberi tahu speaker pada frekuensi berapa untuk mulai mengirim informasi ke tweeter alih-alih woofer. Kapasitor yang memungkinkan hal ini terjadi aus seiring waktu, tetapi mudah diganti pada kebanyakan speaker. Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa speaker lama terdengar “lebih hangat” daripada speaker yang lebih baru. Dalam banyak kasus, itu hanya kapasitor lama yang tidak berfungsi dan mewarnai suara.

Pemeliharaan jangka panjang sangat sederhana sehingga hampir merupakan renungan. Jika Anda membeli sepasang dan mengganti tutupnya, Anda pasti ingin mengulanginya setiap satu atau dua dekade. Refoaming akan dibutuhkan lebih jarang. Ini perawatan yang sangat murah: Kit refoaming akan menghabiskan sekitar $30 untuk sebagian besar speaker, dan kapasitor masing-masing beberapa dolar.

Headphone

Karena sering ditangani, ada lebih sedikit pilihan untuk membeli headphone vintage atau bekas. Saya menyarankan untuk membeli sepasang headphone “klasik” dengan desain berusia puluhan tahun, tetapi membelinya baru, memungkinkan Anda untuk mempertahankannya sepanjang masa pakainya. Saya sangat menyukai opsi dari Grado Labs, Sennheiser, Beyerdynamic, Sony, dan Audio-Technica, meskipun ada banyak headphone berkabel yang bagus di luar sana.

Sejauh opsi yang akan bertahan selamanya, saya sarankan hanya membeli headphone berkabel dengan kabel, bantalan telinga, dan bantalan ikat kepala yang dapat diganti. Jika Anda ingin headphone Anda bertahan lebih dari beberapa tahun, Anda harus menghindari apa pun dengan baterai atau chip komputer.

Mencari earbud? Itu juga bisa dibeli seumur hidup! Lihat opsi dari Ultimate Ears dan Shure, yang keduanya menjual model dengan kabel telinga yang dapat diganti dan bahkan eartip yang dibuat khusus pada bud kelas atas. Nama game untuk item high-wear adalah komponen yang dapat diganti!

Meja putar antik berlimpah, dan seringkali lebih baik daripada model modern yang harganya sama. Saat berbelanja barang antik, carilah model dari Technics, Pioneer, Sony, dan merek lain yang masih dalam bisnis.

Pastikan Anda mendapatkan meja putar antik yang diservis dengan benar, termasuk melihat bantalan tengah (yang perlu diminyaki sekitar setahun sekali) dan sabuk, yang dapat meregang seiring waktu.

Pilihan lain, jika Anda tidak ingin membeli bekas, adalah membeli model klasik keluaran ulang seperti Technics SL-1200 baru. 1200 adalah pemutar rekaman paling terkenal yang pernah ada, telah membuat namanya menjadi favorit DJ yang sangat tahan lama di seluruh dunia.

Sederhananya: Mereka pada dasarnya tidak dapat dipecahkan, hanya membutuhkan perawatan dan penggantian kartrid sesekali. Anda juga dapat menemukan turntable SL-1200 bekas; pastikan untuk memeriksanya apakah ada tanda-tanda bantalan yang aus dan masalah mekanis lainnya.

Banyak di antaranya adalah pekerja keras selama beberapa dekade—mereka adalah model yang disukai para DJ hip-hop dan techno—jadi mereka mungkin terlihat usang dan masih berfungsi dengan baik.

Kabel dan Aksesoris

Jangan membeli kabel mahal! Forum web Audiophile mungkin mencoba meyakinkan Anda untuk menghabiskan banyak uang untuk kabel speaker, tetapi Anda dapat mengabaikannya. Beli 100 kaki kabel speaker setebal 14-gauge (atau lebih rendah/tebal) dari Amazon atau toko perangkat keras lokal Anda dan satu pak klip pisang. Kabel ini akan bertahan seumur hidup.

Saya sarankan membeli pelindung lonjakan arus untuk semua peralatan elektronik. Lonjakan listrik atau pemadaman tiba-tiba terkadang dapat mengacaukan komponen yang lebih tua, dan pelindung lonjakan arus sangat murah, tidak perlu khawatir jika Anda mencoba menjaga peralatan Anda dalam kondisi prima selamanya.
Perbaiki

Saya sarankan mencari Google untuk nama dan model komponen apa pun yang Anda temui. Ada ratusan artikel di forum internet dengan para kutu buku yang memperdebatkan kualitas masing-masing bagian dan merinci masalah umum atau perbaikan rumit.

Baca Juga : Stasiun Radio Internet Terbaik dan Cara Memulai Sendiri

Seringkali, Anda dapat menemukan amp atau pemutar rekaman yang tidak berfungsi di toko barang antik atau Goodwill dan melakukan perbaikan kecil untuk membuatnya berfungsi kembali, jika Anda memiliki besi solder dan cukup waktu untuk belajar. Ada baiknya juga mencari bengkel lokal. Di sebagian besar kota, menemukan nerd elektronik atau audio tidak terlalu sulit menggunakan situs daftar lokal.

Bahkan jika Anda tidak mampu memperbaiki barang-barang ini sendiri, banyak (tetapi tidak semua) dirancang sebelum keusangan yang direncanakan adalah banyak hal di dunia audio. Jadi, perbaikan apa pun yang Anda atau ahli lokal Anda dapat lakukan harus membuat bagian itu tetap berfungsi selama satu atau dua dekade lagi.

BACK TO TOP