Review Amplifier Rega IO Stereo Kualitas Terbaik

Review Amplifier Rega IO Stereo Kualitas Terbaik – Hari ini kami meninjau amplifier mini Rega IO , model stereo ringkas yang mudah digunakan dengan desain minimalis. Dirilis pada Maret 2020, sudah mendapat rating bintang lima dari What Hi-Fi? Majalah dan label Best Buy dari The Ear dan AVforums.

rfconcepts

Review Amplifier Rega IO Stereo Kualitas Terbaik

rfconcepts – Rega IO menghasilkan 2 x 30 watt menjadi 8 ohm dan memiliki tiga input RCA, termasuk input MM phono. Trafo toroidalnya yang besar menjanjikan cadangan daya yang besar untuk menggerakkan sepasang speaker kompak secara efisien atau bahkan sepasang speaker lantai “kecil”.

Rega IO juga dilengkapi dengan output headphone mini-jack yang kompatibel dengan IEM dan headphone hi-fi dengan impedansi antara 32 dan 300 ohm di panel depannya. Bisakah amplifier mini Rega IO yang dijual seharga €499 ini menyaingi pesaing yang lebih besar?

Baca Juga : Receiver Dan Amplifier Vintage Paling Populer

Didirikan pada tahun 1973, merek Inggris Rega menonjol sejak awal karena desain asli dari meja putarnya dan kinerja yang sangat baik dari kartrid phono -nya . Baru pada awal 1990-an merek tersebut merilis amplifier stereo terintegrasi pertamanya, termasuk Rega Brio pertama pada tahun 1991.

Amplifier merek Inggris mendapat manfaat dari keahlian Rega mengenai suara analog yang hangat, pengetahuan yang diperoleh selama beberapa dekade mengembangkan turntable. Juga dirilis pada 1990-an, amplifier Rega Elex dan Rega Elicit menawarkan suara yang kaya dan penuh dengan nada rendah yang solid, dan telah menyenangkan generasi audiophile sebelumnya dan saat ini.

Amplifier Rega dilengkapi dengan kabel daya, remote control dan dua baterai serta manual pengguna. Semuanya disimpan di tempat dengan potongan busa di dalam kotak berukuran wajar bertuliskan: “Rega – Made in England”.

Desain kompak dan minimalis

Penguat stereo Rega IO sedikit mirip dengan ampli ayah Anda: lugas dan mudah dipasang dan digunakan. Panel depan sangat sederhana, dan orang bahkan bisa menyebutnya sederhana. Ini fitur:

Tombol ON/OFF dan output headphone (jack mini 3,5mm) di bawah jendela penerima inframerah untuk remote control di sebelah kiri
Tombol pemilihan sumber dengan LED untuk sumber yang dipilih dan LED bisu di tengah
Potensiometer volume di sebelah kanan

Tidak ada layar kontrol LCD, power VU meter atau skala untuk level volume pada amplifier ini!

Satu-satunya hiasan yang diizinkan pabrikan sendiri adalah logo Rega dan nomor yang menunjukkan sumber yang dipilih, yang muncul dalam warna putih dengan latar belakang hitam saat amplifier Rega IO dimatikan, dan berwarna merah saat dihidupkan. Ini bergaya dan bersahaja.

Dengan ukurannya yang ringkas, amplifier stereo mini Rega IO tidak akan kesulitan menemukan tempat di kamar tidur atau kantor, apalagi di ruang tamu.

Berbeda dengan amplifier WiFi/Bluetooth ultra-koneksi yang saat ini sangat populer, Rega IO memiliki rangkaian konektor sederhana yang meliputi:

  • Dua input saluran RCA
  • Input phono RCA yang diarde dengan preamplifikasi RIAA
  • Keluaran headphone mini-jack

Dua input stereo RCA dapat digunakan untuk menghubungkan sumber hi-fi yang berbeda , seperti pemutar CD , pemutar audio jaringan, atau DAC . Input phono dapat dihubungkan ke meja putar apa pun yang dipasang dengan kartrid magnet bergerak.

Terakhir, output headphone amplifier Rega IO dapat memberi daya pada headphone hi-fi atau IEM dengan impedansi di bawah 300 ohm. Sinyal diterima langsung dari tahap penguatan daya dan kemudian dimodifikasi oleh relai yang dipilih dengan cermat untuk menjaga integritasnya.

Desain

Penguat stereo Rega IO menggunakan jenis penguat daya dan panggung phono yang sama dengan penguat Rega Brio. Lebih kompak dan lebih terjangkau, Rega IO dilengkapi dengan sirkuit amplifikasi kelas A/B, seperti ampli lain dalam katalog pabrikan Inggris. Perhatikan bahwa amplifier jenis ini menghasilkan panas saat digunakan. Oleh karena itu penting untuk membiarkannya “bernafas” dan tidak boleh disimpan di lemari yang tidak berventilasi.

Meskipun merupakan model entry-level dalam rentang amplifier Rega, amplifier mini ini bukanlah kelas dua. Pabrikan telah dengan hati-hati memilih komponen, yang ditempatkan dalam sasis logam yang kuat. Di bawah kap Rega IO terdapat transistor keluaran Sanken, potensiometer volume Alpen dan catu daya linier yang memungkinkan keluaran 30 watt per saluran menjadi 8 ohm dengan cadangan daya yang besar. Catu daya besar dan sasis yang sangat kokoh ini menyumbang sebagian besar dari 2,9kg amplifier ini.

Pengendali jarak jauh

Amplifier Rega IO dilengkapi dengan remote control inframerah yang memungkinkan Anda memilih sumber dan menyesuaikan volume. Anda dapat menggunakan tombol lain untuk mengontrol salah satu pemutar CD Rega .

Remote control, yang ringkas dan nyaman untuk dipegang, melakukan tugasnya dengan sempurna. Namun, itu tidak memungkinkan Anda untuk menyesuaikan volume dengan sangat tepat. Menekan tombol plus atau minus akan menambah atau mengurangi volume secara signifikan. Kenop volume pada amp memungkinkan penyesuaian yang lebih tepat. Yang terakhir adalah potensiometer ALPS tanpa takik yang bisa diatur dari jam 7 (minimum) hingga jam 5 (maksimum).

Spesifikasi utama

Daya keluaran

2 x 30 watt RMS dengan nominal charge 8
Rentang frekuensi input saluran: 12Hz (-1 dB) hingga 43kHz (-3 dB)
Rentang frekuensi input Phono: 15Hz hingga 40kHz (-3 dB) / 27Hz hingga 25,5kHz (-1 dB)
Akurasi RIAA (100Hz hingga 10kHz): ±0,4 dB (biasanya lebih baik dari ±0,3 dB)

Konektor

1 input Phono MM (stereo RCA) + bumi
2 input baris (stereo RCA)
1 output headphone di panel depan (jack mini 3,5mm)
2 pasang terminal sekrup yang kompatibel dengan colokan pisang

Output

Tanpa biaya: 8V
Menjadi 32 : 1.6V
Menjadi 54 : 2.4V
Menjadi 300 : 5.7V

Aksesoris

Pengendali jarak jauh
Baterai: 2 x alkalin AAA
Kabel listrik

Umum

Dimensi (P x L x T): 180 x 290 x 68
Berat: 2.9kg

Untuk ulasan kami, kami menghubungkan Rega IO ke sepasang speaker kompak Elipson Prestige Facet 8B menggunakan kabel speaker NorStone Silver 150 . Kami menggunakan pemutar Pioneer UDP-LX500 sebagai pemutar CD dan pemutar audio jaringan untuk mengalirkan musik Hi-Res dari aplikasi Qobuz dan file Hi-Res yang disimpan di smartphone.

Untuk menguji output headphone amplifier mini Rega IO, kami menggunakan headphone Sennheiser Momentum Wireless generasi kedua (28 ohm/113 dB) serta headphone hi-fi Referensi Sennheiser HD540 (600 ohm/94 dB).

Kami memulai sesi mendengarkan kami dengan soundtrack Birdman (Alejandro González Iñárritu) di CD. Disusun dan ditafsirkan oleh pemain perkusi Meksiko Antonio Sanchez, 16 lagu pertama dari soundtrack ini direkam dekat dengan artisnya. Itu benar-benar terasa seperti dia hanya beberapa sentimeter di depan kami.

Kehadiran dan dampak yang diberikan oleh Rega IO di nada rendah membuat kami langsung tenggelam dalam lanskap suara saat bass dan tom drum beresonansi. Amplifier tidak kesulitan menggerakkan driver speaker Elipson, yang menghasilkan nada terendah yang sangat intens. Bahkan pada volume sedang, rentang frekuensi ini memiliki substansi. Kami dapat merasakan bahwa amplifier memiliki daya yang besar meskipun hanya diberi nilai 30 watt per saluran.

Pada track kedua, berjudul “Dirty Walk”, simbal direproduksi dengan baik dengan hit tom drum untuk menggarisbawahi ritme. Frekuensi tinggi bisa lebih tepat dan midrange sedikit lebih bernuansa, tapi secara keseluruhan suaranya seimbang dan koheren. Dengan amplifier mini ini, kami mendengarkan lagu demi lagu untuk menikmati karya rumit dari pemain perkusi Meksiko. Rega IO berhasil mengimbangi ritme dan kelancaran yang luar biasa hingga oktaf terendah.

BACK TO TOP