Amplifier Dan Penerima Gelombang Pada Radio

Amplifier Dan Penerima Gelombang Penguat Pada Radio

Amplifier Dan Penerima Gelombang Penguat Pada Radio – Jika ada satu hal yang industri audio telah membuat bentuk seni, itu menggunakan terminologi yang artinya hampir… tapi tidak sama. Contoh yang baik dari ini adalah dengan istilah ‘penguat’ dan ‘penerima’. Kadang-kadang, tampaknya istilah ini benar-benar dapat dipertukarkan tetapi ada perbedaan di antara keduanya. Kami akan membahasnya untuk melihat mana yang terbaik untuk Anda.

Amplifier Dan Penerima Gelombang Pada RadioAmplifier Dan Penerima Gelombang Pada Radio

rfconcepts.com – Amplifier adalah perangkat yang mengubah sinyal tegangan rendah dari peralatan sumber Anda menjadi sinyal dengan penguatan yang cukup untuk digunakan untuk memberi daya pada sepasang speaker. Fungsi amp dapat dibagi menjadi dua bagian utama.

Yang pertama memungkinkan Anda menyusun dan memilih beberapa input dan memilih level penguatan yang diperlukan dan umumnya disebut sebagai preamplifier. Yang kedua melakukan ‘pengangkatan berat’ dan menambahkan penguatan ke sinyal untuk digunakan untuk memberi daya pada sepasang speaker.

Dilansir dari laman kompas.com, Ini adalah penguat daya. Jika fungsinya dibagi menjadi dua kotak seperti 851E dan 851W, ini disebut sebagai pre dan power amp. Dengan amplifier seperti CXA80 kami, kedua fungsi ditempatkan dalam satu sasis dan disebut sebagai amplifier terintegrasi.

Baca Juga : Sejarah Cara Bekerja Penerima Frekuensi Radio Yang Disetel

Sejauh ini bagus… tapi di mana receiver cocok untuk ini? Penerima adalah penguat yang memiliki bagian radio built in. Radio dipilih seperti input lain pada amp tetapi tidak ada koneksi lain yang diperlukan selain sepasang speaker. Jika Anda memiliki amplifier bioskop rumah dengan radio di dalamnya, itu adalah Penerima AV. Pada tingkat dasar, semua penerima adalah penguat tetapi tidak semua penguat adalah penerima.

Receiver muncul pada tahun 1960-an sebagai cara untuk menghemat ruang dan menawarkan kemampuan untuk mengakses radio secara langsung, yang pada saat itu berada di urutan kedua setelah vinil dalam popularitas sebagai sumber.

Ini berarti bahwa receiver mendominasi pasar (khususnya di AS) dan untuk waktu yang sangat lama, receiver melebihi jumlah amplifier. Kehadiran digital telah membuat radio menjadi kurang penting sebagai sumber tetapi masih merupakan cara yang fantastis untuk mengakses materi baru.

Karena itu, sebagian besar penguat yang kami buat hanyalah… penguat. Namun kami menyadari ada kalanya receiver memiliki beberapa keunggulan. Kedua amp AV kami dipasang sebagai penerima dan kami juga membuat penerima stereo SR10.

Jadi, kapan Anda harus mempertimbangkan penerima daripada penguat? Dalam situasi yang paling mudah, jika Anda banyak mendengarkan radio. Artinya, bahkan tanpa hal lain yang menyertainya, SR10 mampu menghasilkan suara yang luar biasa dari jangkauan stasiun radio FM di wilayah Anda.

Anda kemudian dapat memasang berbagai pilihan peralatan lain ke SR10 dan menggunakannya sebagai amplifier konvensional. Ini adalah peralatan yang sangat fleksibel dan harus bekerja di berbagai sistem.

Dengan penerima CXR AV, pemikiran kami adalah bahwa perangkat ini dimaksudkan untuk menawarkan kemampuan menyusun setiap video dan sumber audio yang dapat Anda miliki. Kami merasa bahwa membangun unit ini sebagai receiver paling masuk akal karena melengkapi fungsinya. Anda bahkan dapat menggunakan tuner sebagai sumber di ruangan kedua.

Untuk amplifier seri CXA dan Azur kami, kinerja terbaik dicapai dengan menjaganya tetap fokus pada satu tugas dan ini berarti membuatnya sebagai amplifier, bukan sebagai penerima. Ini berarti bahwa mereka dapat diletakkan secara internal dengan tujuan untuk kinerja keseluruhan terbaik dan tanpa harus memasang sirkuit tambahan untuk radio.

Mereka tetap menjadi pilihan bagi pendengar yang mencari performa audio terbaik dengan harga tertentu. Ada beberapa pertimbangan lain juga. Jika Anda memiliki salah satu streamer jaringan kami, ini memiliki fungsi radio internet yang terpasang di dalamnya sehingga Anda mungkin tidak tertarik untuk menambahkan tuner FM ke sistem Anda.

Seperti banyak area rangkaian produk kami, kami merasa bahwa pilihan itu penting dan sebagai hasilnya, kami menawarkan opsi yang berbeda. Pilih yang tepat untuk Anda dan nikmati beberapa suara yang luar biasa.

Aplikasi penting mencakup sistem alamat publik, sistem penguatan suara teater dan konser, dan sistem domestik seperti sistem stereo atau home theater. Amplifier instrumen termasuk amplifier gitar dan amplifier keyboard elektrik juga menggunakan amplifier daya audio.

Dalam beberapa kasus, penguat daya untuk penguat instrumen diintegrasikan ke dalam “kepala” penguat tunggal yang berisi penguat awal, kontrol nada, dan efek elektronik. Komponen ini dapat dipasang di kabinet speaker kayu untuk membuat “penguat kombo”. Musisi dengan kebutuhan kinerja yang unik dan / atau kebutuhan akan amplifikasi yang sangat kuat dapat membuat pengaturan khusus dengan preamplifier rackmount terpisah, equalizer, dan power amplifier yang dipasang pada road case 19 “.

Amplifier daya tersedia dalam unit mandiri, yang digunakan oleh penggemar audio hi-fi dan perancang sistem alamat publik (sistem PA) dan sistem penguatan suara. Pengguna power amplifier hi-fi mungkin memiliki power amplifier stereo untuk menggerakkan speaker kiri dan kanan dan power amplifier saluran tunggal (mono) untuk menggerakkan subwoofer.

Jumlah power amplifier yang digunakan dalam pengaturan penguatan suara bergantung pada ukuran venue. Kedai kopi kecil mungkin memiliki satu power amp yang menggerakkan dua speaker PA. Klub malam mungkin memiliki beberapa power amp untuk speaker utama, satu atau lebih power amp untuk speaker monitor (mengarah ke band) dan power amp tambahan untuk subwoofer. Sebuah konser stadion mungkin memiliki sejumlah besar power amp yang dipasang di rak.

Sebagian besar produk suara elektronik konsumen, seperti TV, boom box, sound system bioskop rumah, keyboard elektronik Casio dan Yamaha, ampli gitar “combo”, dan stereo mobil memiliki amplifier daya yang terintegrasi di dalam sasis produk utama.

Proses Manufaktur

Tidak ada proses tunggal untuk membuat radio. Proses pembuatan tergantung pada desain dan kompleksitas radio. Radio paling sederhana memiliki papan sirkuit tunggal yang ditempatkan dalam wadah plastik. Radio yang paling kompleks memiliki banyak papan sirkuit atau modul yang ditempatkan dalam wadah aluminium.

Produsen membeli komponen dasar seperti resistor, kapasitor, transistor, sirkuit terintegrasi, dll., Dari vendor dan pemasok. Papan sirkuit tercetak, biasanya berpemilik, dapat diproduksi sendiri. Sering kali, produsen akan membeli modul radio lengkap dari vendor. Sebagian besar operasi manufaktur dilakukan oleh robot. Ini termasuk papan sirkuit tercetak dan pemasangan komponen pada papan sirkuit tercetak. Pemasangan papan sirkuit tercetak dan kontrol ke dalam casing dan beberapa operasi penyolderan biasanya dilakukan dengan tangan.

1. Papan sirkuit cetak kosong terdiri dari resin epoksi kaca dengan film tembaga tipis yang disemen ke satu atau kedua sisi. Film fotoresis sensitif cahaya ditempatkan di atas film tembaga. Masker yang berisi sirkuit listrik ditempatkan di atas film fotoresis. Film fotoresis terkena sinar ultraviolet. Gambar fotoresis dikembangkan, mentransfer gambar ke film tembaga. Area yang tidak terpapar akan larut selama pengetsaan dan menghasilkan sirkuit tercetak di papan tulis.
2. Lubang dibor di lokasi yang ditentukan pada papan sirkuit tercetak untuk menerima komponen. Kemudian, papan disolder sebelumnya dengan mencelupkannya ke dalam bak solder panas.
3. Komponen elektronik yang lebih kecil seperti resistor, kapasitor, transistor, sirkuit terintegrasi, dan kumparan dipasang di lubang yang ditentukan pada papan sirkuit tercetak dan disolder ke papan. Operasi ini dapat dilakukan dengan tangan atau robot.
4. Komponen yang lebih besar seperti transformator daya, speaker, dan antena dipasang pada PCB atau kabinet dengan sekrup atau tab pegas logam.
5. Casing yang menampung radio dapat terbuat dari plastik atau aluminium. Casing plastik terbuat dari pelet yang dilebur dan disuntikkan ke dalam cetakan. Kotak aluminium dicap menjadi bentuk dari lembaran aluminium dengan alat pengepres logam.
6. Komponen eksternal yang tidak dipasang pada papan sirkuit cetak dapat berupa antena, speaker, transformator daya, volume, dan kontrol frekuensi yang dipasang di casing dengan sekrup, paku keling, atau kancing plastik. Papan sirkuit tercetak kemudian dipasang di casing dengan sekrup atau kancing. Komponen eksternal dihubungkan dan disolder ke papan sirkuit tercetak dengan kabel berinsulasi yang terbuat dari tembaga dan isolasi plastik.

Kontrol kualitas

Karena sebagian besar komponen atau radio diproduksi oleh vendor khusus, produsen radio harus mengandalkan vendor tersebut untuk menghasilkan suku cadang berkualitas. Namun, pabrikan radio akan mengambil sampel acak dari setiap komponen yang diterima dan memeriksa / mengujinya untuk memastikan memenuhi spesifikasi yang disyaratkan.

Sampel acak dari rakitan radio akhir juga diperiksa untuk memastikan kualitas. Keseluruhan unit diperiksa untuk menemukan kekurangan — baik fisik maupun listrik. Radio diputar untuk memastikan dapat memilih frekuensi radio yang dirancang untuk diterima, dan output audio sesuai spesifikasi.

Produk Sampingan / Limbah

Kesadaran lingkungan saat ini menyatakan bahwa semua limbah dibuang dengan benar. Sebagian besar produk sampingan dari pembangunan radio dapat diperoleh kembali. Solusi etsa yang digunakan dalam pembuatan papan sirkuit cetak dikirim ke pusat reklamasi kimia. Sisa dari ujung komponen elektronik dikirim ke pusat pemulihan limbah logam untuk dilebur untuk membuat produk baru.

Masa depan

Radio digabungkan dengan komputer untuk menghubungkan komputer ke Internet melalui satelit. Akhirnya radio akan beralih dari siaran analog ke digital. Sinyal analog dapat memudar dan terganggu, sinyal digital tidak. Mereka dapat menghasilkan suara berkualitas tinggi seperti pada CD.

Radio digital dapat diprogram untuk stasiun tertentu, jenis musik, berita, dll. Akhirnya, radio akan memiliki komputer mini yang terpasang untuk memproses suara dalam pola numerik “digit” daripada bentuk gelombang analog. Ini akan memungkinkan pendengar memprogram radio mereka untuk stasiun radio favorit, jenis musik, harga saham, informasi lalu lintas, dan banyak lagi.

Bahan baku

Radio saat ini terdiri dari antena, papan sirkuit cetak, resistor, kapasitor, kumparan dan transformator, transistor, sirkuit terintegrasi, dan speaker. Semua bagian ini disimpan dalam wadah plastik.

Antena internal terdiri dari kawat tembaga berinsulasi berdiameter kecil yang melingkari inti ferit. Antena eksternal terdiri dari beberapa tabung aluminium yang meluncur satu sama lain.

Papan sirkuit tercetak terdiri dari pola berlapis tembaga yang disemen ke papan fenolik. Pola tembaga adalah kabel dari komponen ke komponen. Ini menggantikan sebagian besar kabel yang digunakan di radio sebelumnya.

Resistor membatasi aliran listrik. Mereka terdiri dari film karbon yang disimpan pada substrat silinder, terbungkus dalam rumah plastik (poliester alkid), dengan kawat yang terbuat dari tembaga.

Kapasitor menyimpan muatan listrik dan memungkinkan arus bolak-balik mengalir melalui rangkaian listrik tetapi mencegah arus searah mengalir di rangkaian yang sama. Kapasitor tetap terdiri dari dua elektroda aluminium foil diperpanjang yang diisolasi oleh film polipropilen, ditempatkan di rumah plastik atau keramik dengan kabel tembaga. Kapasitor variabel memiliki satu set pelat aluminium tetap dan satu set pelat aluminium berputar dengan isolator udara.

Baca Juga : 10 Stasiun Radio Musik Terbaik di Seluruh Dunia

Kumparan dan transformator melakukan fungsi serupa. Tujuannya adalah untuk mengisolasi sirkuit sambil mentransfer energi dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya. Mereka terdiri dari dua atau lebih set gulungan kawat tembaga yang dililitkan pada isolator atau dipasang berdampingan dengan udara sebagai isolator.

Transistor terdiri dari germanium atau silikon yang dibungkus dalam rumah logam dengan kabel tembaga. Transistor mengontrol aliran listrik dalam suatu rangkaian. Transistor menggantikan tabung vakum yang digunakan di radio sebelumnya.

Sirkuit terpadu menampung ribuan resistor, kapasitor, dan transistor menjadi satu paket kecil dan kompak yang disebut chip. Chip ini seukuran kuku di jari kelingking. Chip dipasang dalam kotak plastik dengan tab aluminium yang memungkinkannya dipasang ke papan sirkuit tercetak.

BACK TO TOP Rfconcepts - Jual Produk Radio Dan Amplifier