Kiat Penerimaan FM Yang Bagus Dari Radio Bob

Kiat Penerimaan FM Yang Bagus Dari Radio Bob

Kiat Penerimaan FM Yang Bagus Dari Radio Bob – Meskipun semakin populernya radio internet, jutaan orang masih mendengarkan radio FM. Berikut cara meningkatkan penerimaan radio FM di rumah jika Anda mendapatkan banyak gangguan statis atau gangguan saat mencoba mendengarkan stasiun favorit Anda.

Kiat Penerimaan FM Yang Bagus Dari Radio BobKiat Penerimaan FM Yang Bagus Dari Radio Bob

rfconcepts.com – NCPR disiarkan di seluruh Negara Utara di FM. FM adalah hal yang benar-benar luar biasa jika ditangani dengan benar. Untuk menerima dan menikmati program berkualitas kami sepenuhnya, Anda memerlukan tiga A radio:

1. Radio yang bagus
2. Antena yang bagus
3. Lokasi yang bagus

Dilansir dari kompas.com, Jika Anda memiliki ketiganya, Anda berpotensi menerima stasiun FM hingga 100 mil jauhnya! Namun, kebanyakan dari kita memiliki, paling banter, hanya satu dari barang-barang ini…

RADIOS: Untuk penerimaan yang baik, radio harus memiliki selektivitas yang baik (selektivitas adalah kemampuan radio untuk memisahkan stasiun lemah yang terletak di dekatnya, pada tombol FM, stasiun kuat) dan sensitivitas yang baik (kemampuan untuk menerima stasiun yang lemah, jauh, sama sekali!)

Baca Juga : Panduan Pemasangan Amplifier Radio Di Mobil Dengan Kabel Amp 

Radio Mobil: Anda mungkin sudah memiliki radio dengan fitur ini. Radio ini terletak di mobil Anda. Radio mobil harus dibangun dengan standar tinggi untuk memberikan penerimaan yang layak di kendaraan yang bergerak, di hadapan berbagai medan, dengan sumber gangguan terdekat yang serius (mesin Anda!) … semuanya sambil terpental di jalan-jalan North Country. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa penerimaan radio FM biasanya lebih baik di mobil Anda daripada di rumah Anda. Ini sebagian karena radio mobil Anda mungkin lebih baik daripada radio rumah Anda.

Radio Rumah/Kantor: Sebagian besar radio rumahan memiliki selektivitas dan sensitivitas yang buruk (kami menyebutnya “sampah” dalam bisnis radio). Radio biasa seharga $19,95 dengan penyetelan analog (berlawanan dengan penyetelan digital, di mana frekuensi stasiun radio ditampilkan dalam angka yang menyala) akan berfungsi, tetapi hanya di dekat pemancar stasiun radio. Sebagian besar radio jam, radio di bawah lemari dapur, “kotak boom”, radio engkol, dll. tidak berfungsi dengan baik… terutama jika dibandingkan dengan radio mobil!

RadioBob Merekomendasikan:

1. Merobek radio mobil dari mobil, membangun catu daya DC 12 volt, membuat mahoni Honduras atau kabinet Purpleheart yang sangat keren, dan menemukan beberapa speaker eksternal yang bagus.

2. Oke, serius, ada beberapa radio bagus di luar sana… ya, harganya lebih mahal dari radio plastik sekali pakai seharga $19,95… tapi performanya JAUH lebih baik. Mereka terdengar hebat, dan merupakan produk berkualitas.

Hari ini, (awal 2009) saya akan merekomendasikan radio jam/meja Boston Acoustics “Horizon Solo” seharga sekitar $100. Atau versi stereo (Boston Acoustics Horizon Duo) seharga $150. Lalu ada Tivoli “Model One” jika Anda tidak membutuhkan jam, dan seperti dial tuning analog “retro” (sekitar $140)… atau bahkan Sangean WR-2 yang diisi tombol (juga sekitar $140)

3. Jika Anda memiliki sistem komponen “stereo” (biasanya amplifier/tuner terpisah, dengan speaker terpisah), tuner Anda mungkin sudah memiliki sensitivitas dan selektivitas yang layak…. Coba sambungkan antena yang lebih baik (lihat di bawah) dan lihat bagaimana penerimaan Anda meningkat!

Jika Anda ingin membeli tuner FM canggih (dengan harga yang sangat wajar), dapatkan SONY XDR-F1HD (di bawah $100). Ulasan telah menyatakan bahwa ini adalah salah satu tuner terbaik yang pernah dibuat! Ingatlah bahwa Anda harus memiliki amplifier dan speaker eksternal untuk yang satu ini!

ANTENA/LOKASI LOKASI/ANTENA

Kedua item ini sebenarnya LEBIH penting daripada jenis radio yang Anda gunakan… dan keduanya sangat terkait. Anda bisa mendapatkan penerimaan yang sama di lokasi yang buruk (menggunakan antena yang bagus) seperti yang Anda dapat di lokasi yang baik (menggunakan antena yang buruk)! Tapi mari kita bekerja untuk meningkatkan keduanya!

Pernyataan dari Radio Bob: Anda HARUS memiliki antena (sejenis) untuk menerima sinyal apa pun di radio!

Pernyataan lain dari Radio Bob: Gelombang Radio FM berjalan kurang lebih dalam garis lurus. Mereka dilemahkan oleh objek yang berada di antara pemancar dan penerima.

LOKASI:

1. Semakin dekat Anda dengan pemancar NCPR (lihat peta ini), semakin besar peluang Anda untuk menerima sinyal yang jelas dari NCPR.
2. Semakin tinggi antena Anda berada, semakin besar peluang Anda untuk menerima sinyal yang jelas dari NCPR. Dengan kata lain, jika radio Anda memiliki antena built-in, itu akan bekerja lebih baik di loteng Anda, daripada di ruang bawah tanah Anda! Atau jika Anda memiliki antena luar ruangan, itu akan bekerja lebih baik di atap, daripada di ayunan lama anak Anda.
3. Jika rumah Anda berada di atas bukit, Anda akan mendapatkan penerimaan yang lebih baik daripada jika berada di lembah.
4. jika ada benda besar antara rumah Anda dan pemancar NCPR (seperti gunung, misalnya), Anda mungkin akan menerima sinyal yang buruk!
5. jika antena Anda berada di luar, kinerjanya akan lebih baik daripada jika berada di dalam.

ANTENA:

Seseorang pernah berkata bahwa Anda HARUS memiliki antena untuk menerima penerimaan radio apa pun, dan dia benar! Radio paling murah HANYA memiliki antena built-in, tanpa ketentuan untuk menghubungkan antena eksternal. Dengan radio yang lebih baik, Anda punya pilihan.

1. Radio dengan antena internal built

Antena built-in: Bahkan radio paling rendah pun memiliki semacam antena… biasanya built-in, dengan kinerja yang buruk. Sebagian besar radio jam/meja menggunakan kabel daya sebagai antena. Sebuah “walkman” atau iPod dengan radio FM menggunakan kabel headphone sebagai antena!

Kecuali di area sinyal kuat (di dekat pemancar) tidak ada yang berkinerja sangat baik. Sinyal yang mereka terima biasanya bervariasi; misalnya, ketika Anda berjalan di sekitar ruangan, kekuatan sinyal akan berubah (biasanya menjadi lebih buruk!) Berikut foto radio dengan antena built-in:

2. Radio Bob Direkomendasikan: Jika radio Anda memiliki antena built-in, dan Anda hampir puas dengan kinerjanya, coba pindahkan kabel daya AC di sekitar … mungkin bekerja sedikit lebih baik disampirkan di atas meja rias, daripada tergeletak di lantai.

Kawat “dipol” (biasanya disertakan dengan radio yang lebih baik): Ini adalah antena kawat fleksibel yang disertakan dengan beberapa radio, termasuk beberapa yang saya rekomendasikan sebelumnya. Menggunakan antena ini akan sedikit meningkatkan penerimaan… tetapi seperti pada SEMUA antena, ini bukan solusi yang sempurna.

Itu dipasang di bagian belakang radio, lalu “digantung” di suatu tempat di ruangan sebagai “T” dengan kedua ujungnya direntangkan sejauh mungkin dari satu sama lain. (ini adalah bagian yang sulit, karena siapa yang menginginkan kawat yang tidak sedap dipandang ditempelkan di dinding ruang tamu mereka…bahkan bukan saya!)

Ini juga agak terarah itu akan (secara teori) mengambil stasiun radio tegak lurus lebih baik ke bagian horizontal “T”. Jadi, jika Anda mendengarkan beberapa stasiun yang menyiarkan dari arah yang berbeda, ini mungkin tidak ideal. (Anda dapat mencoba mengeluarkan antena keluar jendela dan entah bagaimana memasang bagian “T” di luar untuk meningkatkan penerimaan)

3. Tiga jenis antena: telinga kelinci (kiri atas); arah luar ruangan (kanan atas); luar ruangan omni-directional (kanan bawah)
Antena teleskop/”telinga kelinci”: Beberapa “kotak boom” dan radio portabel memiliki satu atau dua batang antena teleskop. Ini berkinerja lebih baik daripada “dipol” kawat karena Anda dapat memindahkan satu (atau dua) batang untuk kinerja yang optimal. Anda dapat membeli sepasang “telinga kelinci” dari Radio Shack dengan harga sekitar $10.

4. Radio Bob Tip: Jangan repot-repot dengan antena dalam ruangan lain yang TIDAK memiliki sepasang batang panjang yang tidak sedap dipandang. Antena dalam ruangan berbentuk lingkaran, ukuran ash-tray, dan jenis lainnya dimaksudkan untuk televisi UHF dan tidak akan berfungsi dengan baik dengan radio FM.

Antena dalam ruangan yang diperkuat: Orang-orang bertanya kepada saya setiap hari (mungkin setiap beberapa bulan) tentang hal-hal ini. … dan saya kira jawaban saya adalah sesuatu dalam urutan “semuanya tergantung”.

Ada beberapa di antaranya yang tersedia, diproduksi oleh Terk, Audiovox dan lain-lain… mereka adalah antena dipol atau serupa, dalam wadah “menarik” dengan pra-amplifier kecil yang dimaksudkan untuk meningkatkan sinyal sebelum sampai ke radio Anda.

Secara teknis ada beberapa hal yang salah dengan pendekatan ini…. Biasanya radio Anda sudah memiliki pra-penguat yang sangat baik yang terpasang di sirkuitnya.

Antena “dipol” yang terhubung ke radio Anda harus berfungsi sama baiknya dengan antena yang diperkuat (jika radio Anda entah bagaimana “penerimaan terganggu” itu!) Pra-amplifikasi tambahan terkadang menyebabkan peningkatan kebisingan di penerimaan, terutama jika ada adalah stasiun FM yang kuat di lingkungan dan Anda mencoba untuk menerima yang lemah!

Di sisi lain, jika Anda tidak dapat memiliki antena luar ruangan, dan dipol dalam ruangan atau sepasang “telinga kelinci” terlalu tidak sedap dipandang, maka antena dalam ruangan yang tampak licin mungkin yang terbaik untuk Anda…. Namun, saya tidak berpikir itu akan “berhasil” dengan penerimaan FM Anda…. Beri tahu saya bagaimana mereka bekerja untuk Anda.

5. Antena Luar Ruangan: Jika Anda entah bagaimana bisa mengatur antena luar ruangan, inilah caranya! Penghuni apartemen, penyewa, penghuni gua, operator kapal selam…. Maaf, karena saya tahu Anda mungkin tidak dapat memasang antena luar ruangan.

Hal terbaik yang harus kita lakukan adalah menggunakan (atau mengubah tujuan) antena TV yang sudah ada di atap Anda. Jika Anda masih menggunakannya untuk menerima TV off-air, dapatkan splitter TV-FM yang murah. Atau jika Anda beralih ke TV kabel atau TV satelit, cukup sambungkan sambungan TV lama Anda ke radio FM. Anda akan terkejut melihat seberapa baik ini bekerja!

Jika Anda ingin memasang antena FM luar ruang baru, ada dua jenis yang dapat dipilih, “omni-directional” dan “directional”. Omni, akan menerima sinyal FM dari segala arah, seperti Winegard HD-6010 ($20). Ini adalah pilihan yang layak jika Anda suka stasiun-hop.

Jika Anda kebanyakan mendengarkan hanya satu stasiun (NCPR mungkin?) atau sebagian besar stasiun yang Anda dengarkan berada di (kurang lebih) arah yang sama, atau Anda dapat menggunakan antena “rotator”, maka Anda memerlukan antena pengarah. NCPR biasanya membeli log-periodik tugas berat seharga $800 seperti anak anjing ini, tetapi Anda dapat melakukannya sendiri dengan Winegard HD-6000FM ($25).

Memasang antena luar ruangan bisa menyenangkan, menantang, atau keduanya! Berikut caranya:

1. Cara termudah untuk melakukan ini, adalah meminta orang lain melakukan instalasi. Tekan Yellow Pages atau bertanya-tanya.

2. Untuk melakukannya sendiri, “entah bagaimana” pasang antena FM baru Anda pada pipa logam. (Anda bisa mendapatkan tiang antena dengan panjang 5 dan 10 kaki). Entah bagaimana, kencangkan pipa ke atap atau samping rumah Anda (ingat semakin tinggi semakin baik!) . Anda bisa mendapatkan dudukan atap tripod dan dudukan dinding dari Radio Shack serta tiang antena. (hati-hati, omong-omong!)

3. Jika itu antena directional, arahkan ke stasiun pilihan Anda (sebenarnya lebih baik menunggu sampai antena terhubung ke radio, lalu putar antena secara manual untuk penerimaan terbaik dan kunci) Atau beli rotator antena… juga sebagai kabel yang cukup untuk menghubungkannya ke unit kontrol rotator, yang akan berada di dalam rumah Anda di suatu tempat.

4. Maka Anda perlu entah bagaimana mendapatkan sinyal dari antena Anda ke radio Anda. Di masa lalu, hanya tersedia kabel datar dengan lebar sekitar ” yang disebut “twin-lead”. Sekarang semua orang menggunakan kabel koaksial bulat.

Antena baru Anda mungkin akan memiliki dua terminal sekrup, jadi Anda perlu “Balun” koaksial atau transformator yang cocok untuk menyambung ke antena jenis ini. Transformator yang cocok akan memiliki konektor “F” di ujung jauh dari antena.

Baca Juga : 10 Stasiun Radio Musik Terbaik di Seluruh Dunia

Anda dapat membeli kabel koaksial dengan konektor “F” yang sudah terpasang, atau beli alat crimp khusus dan pasang konektor “F” Anda sendiri pada kabel koaksial yang Anda beli secara terpisah.

5. Rutekan kabel koaksial melalui ruang bawah tanah, dll ke radio. Radio yang lebih baru juga akan memiliki konektor “F”… dan sebuah sakelar, berlabel sesuatu seperti “internal” dan “eksternal”… sambungkan kabel baru dari antena baru Anda ke radio Anda, alihkan ke “eksternal” dan dengarkan lebih banyak stasiun FM dari yang pernah Anda dengar sebelumnya!

BACK TO TOP Rfconcepts - Jual Produk Radio Dan Amplifier