Review Compact HF 300W Linear Amplifier

Review Compact HF 300W Linear Amplifier – RM Italy BLA350 Plus adalah Amplifier linier 300W HF kompak yang sepenuhnya otomatis, yang dibangun di atas kesuksesan model sebelumnya. Sekarang dilengkapi sirkuit perlindungan perangkat keras untuk ketidakcocokan impedansi keluaran yang secepat kilat memastikan keamanan transistor daya jika terjadi VSWR tinggi pada konektor antena.

rfconcepts

Review Compact HF 300W Linear Amplifier

rfconcepts – Dek RF telah ditingkatkan seperti halnya filter pita keluaran. Cakupan frekuensi adalah dari 1,8MHz hingga 30MHz yang mencakup pita berikut, 160, 80, 40, 30, 20, 17, 15, 12 dan 10m pita radio Amatir. Ini menggunakan dua Transistor 50V MACOM MRF 150 MOSFET dalam konfigurasi Push Pull, (Kelas AB).

Ini dapat digunakan pada semua mode transmisi pita sempit mis. SSB,AM,FM, CW, RTTY, FT8 dll. Dilengkapi dengan sistem pendingin kecepatan variabel terkontrol MCU ganda, meteran daya keluaran analog besar dan layar LCD 2 baris 16 karakter yang menampilkan parameter operasi amplifier, seperti frekuensi, filter pemilihan, suhu dan memungkinkan navigasi cepat dari sistem menu amplifier. Perhatian pada pengoperasian yang benar dan pengoperasian amplifier dalam kemampuan pengoperasiannya akan memastikan kinerja optimal dan penggunaan bebas masalah selama bertahun-tahun.

Baca Juga : Ulasan Amplifier Marantz PM6007 & CD Player Marantz CD6007

Spesifikasi

  • Frekuensi Operasi: 160,80,40,30,20,17,15,12,10m Pita radio amatir
  • Pita 60m dengan redaman harmonik yang dikurangi Tidak Tx <1,5MHz & >30MHz
  • Mode Operasi: SSB, CW, AM, FM, RTTY, Data Semua mode pita sempit
  • Daya Masukan: 1-12W maks
  • Daya Keluaran: 300W maks
  • Keluaran Harmonik: >-50dBc
  • Tegangan Drain: 48Vdc
  • Tiriskan Saat Ini: 15A maks
  • Impedansi Masukan: 50 Ohm. tidak seimbang
  • Impedansi Keluaran: 50 Ohm. tidak seimbang
  • Transistor RF: Pasangan Cocok MACOM MRF150
  • Konfigurasi penguat: Kelas AB Push-Pull
  • Pendinginan: Pendinginan udara paksa yang diatur suhu
  • Mikroprosesor: Microchip PIC 18F4620
  • Pengukuran: Daya Keluaran, Suhu H/S, Pita yang digunakan, Status penguat
  • Perlindungan: Daya Input, Kesalahan Filter, VSWR, Suhu, Frekuensi
  • Koneksi I/Pā€”O/P: UHF SO-239 (isolator Teflon rugi rendah), input PTT ā€“ RCA / Phono,
  • Keluaran ALC ā€“ RCA / Phono.
  • Daya AC: 207-244Vac 3.5A maks
  • Dimensi: 355 x 155 x 270mm (Lebar x Tinggi x Kedalaman)
  • Berat: 13.5kg
  • Aksesori yang Disediakan: Kabel daya AC

PERINGATAN TUNING ANTENA NON RESONAN!

Saat menggunakan amplifier BLA350 Plus bersama dengan antena non-resonansi dan tuner antena manual atau otomatis, sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan berikut. Urutan koneksi yang benar adalah Transceiver, Amplifier BLA350 Plus, VSWR/ Power meter, ATU dan Antena

Jika menggunakan transceiver dengan ATU bawaan, fungsi ini harus dinonaktifkan jika memungkinkan atau dioperasikan dalam mode through karena input ke penguat BLA350 adalah 50 Ohm. ATU internal tidak dapat lagi menyetel antena.

Tuning antena non resonansi harus selalu dan hanya dilakukan pada daya rendah. Kebanyakan tuner antena memiliki peringkat daya tertentu dan biasanya peringkat daya maksimum ini dikutip dalam kondisi yang disetel. Dengan amplifier yang terhubung dalam saluran, ini harus dilakukan dengan amplifier dalam keadaan mati atau dalam mode siaga.

Setelah kecocokan yang dapat diterima telah disediakan sama dengan 1,5:1 atau lebih baik, amplifier kemudian dapat dioperasikan dan tuner kemudian dapat disesuaikan sedikit untuk mengoptimalkan kecocokan. Jika metode ini tidak diikuti dan antena disetel dengan penguat berjalan pada keluaran penuh, impedansi tinggi yang mungkin terjadi selama proses penyetelan dapat menyebabkan kerusakan pada transistor keluaran penguat dan harus dihindari dengan segala cara. Kegagalan untuk mengikuti prosedur ini dapat mengakibatkan kerusakan pada amplifier yang tidak tercakup dalam garansi. Peringatan: Waktu Pengiriman.

Mode siklus tugas tinggi seperti mode FM dan data, (RTTY / FT8 dll.), mengoperasikan amplifier dengan daya penuh sepanjang waktu, tidak seperti mode seperti SSB dan CW yang terputus-putus atau hanya mencapai output puncak untuk waktu yang sangat singkat. Mode siklus tugas tinggi ini akan menjalankan amplifier lebih keras dan menghasilkan lebih banyak panas dalam jumlah waktu yang sama.

Perlu dicatat bahwa amplifier meskipun mampu digunakan dengan mode ini, tidak boleh digunakan terus menerus. Kami merekomendasikan bahwa waktu transmisi tidak boleh melebihi beberapa menit untuk menghindari suhu sambungan transistor yang berlebihan. Waktu yang tepat untuk transmisi dalam mode ini tentu saja akan bergantung pada banyak faktor seperti, suhu lingkungan, seberapa baik ventilasi di sekitar amplifier, apakah ada ruang yang cukup untuk mengalirkan udara bebas untuk bersirkulasi, dll. Jika suhu lingkungan tinggi ini akan mengurangi total waktu dalam transmisi.

Akal sehat harus digunakan jika suhu heat sink tinggi maka waktu yang cukup harus diberikan untuk mendinginkannya sebelum melanjutkan transmisi. Untuk mode siklus tugas tinggi, amplifier juga dapat digunakan pada daya output kurang dari maksimum dengan mengurangi level drive input. Ini akan mengurangi disipasi dan juga memungkinkan amplifier digunakan untuk waktu yang lebih lama.
Drive masukan dan keluaran daya.

BLA350 Plus harus memberikan daya output penuh dengan drive sekitar 10-12W. Daya input yang berlebihan harus dihindari dan amplifier selalu digunakan dengan cara yang bertanggung jawab. Jika daya input berlebihan digunakan, amplifier akan memberi sinyal kesalahan dan input di atas 15W akan mengembalikan sinyal alarm dan memblokir transmisi. Penting untuk dipahami bahwa input 100W yang tidak disengaja dari transceiver harus dihindari dan dapat menyebabkan kerusakan pada amplifier!

Pertimbangan Daya Keluaran Maksimum.

Semua amplifier memiliki output maksimum dan ini terjadi segera setelah mendapatkan kompresi di mana Pin tidak lagi menghasilkan peningkatan output daya yang proporsional. Penguat harus selalu dioperasikan pada titik di bawah output jenuhnya. Mencoba mengekstrak setiap watt terakhir dengan overdriving amplifier TIDAK akan benar-benar membantu sinyal Anda menjadi lebih kuat, Anda sebenarnya akan menyebabkan tingkat distorsi yang lebih tinggi yang akan membuat sinyal Anda kurang dapat dipahami di stasiun penerima yang jauh.

Menjalankan amplifier sedikit di bawah daya output maksimum akan memungkinkan amplifier bekerja lebih dingin dan membuatnya lebih andal untuk penggunaan bertahun-tahun.

Sebagai contoh perhatikan situasi berikut.

1 titik ‘S’ pada penerima biasanya kira-kira dikalibrasi pada 6dB jadi misalnya perbedaan antara S5 dan S7 adalah 2 titik ‘S’ jadi 12dB.

Perbedaan antara 10W dan 300W adalah sekitar 14.8dB yang merupakan peningkatan besar pada sinyal Anda jika menggunakan antena yang sama. Sekarang katakanlah misalnya Anda menjalankan amplifier pada 250W moderat dengan mengurangi drive input. Perbedaan antara 300W dan 250W kurang dari 1dB yang bila Anda bandingkan dengan 6dB untuk titik 1 ‘S’ sebenarnya sangat kecil dan karena amplifier tidak berjalan pada daya maksimum akan menghasilkan lebih sedikit panas, dan menghasilkan output yang lebih bersih dengan distorsi yang lebih sedikit yang benar-benar akan membuat perbedaan pada penerima jauh.

Jaminan.

RM Costruzioni Elettroniche srl Menjamin bahwa produk ini bebas dari cacat manufaktur baik komponen maupun pengerjaan untuk jangka waktu yang ditentukan oleh undang-undang. Garansi dimulai pada tanggal pembelian. Setiap pekerjaan yang dilakukan untuk garansi harus dilakukan oleh RM Costruzioni Elettroniche srl atau pusat layanan resmi. Biaya transportasi, bea dan asuransi antara klien dan RM Costruzioni srl atau pusat layanan yang disetujui adalah tanggung jawab klien.

Garansi harus diminta ke distributor atau reseller tempat amplifier pertama kali dibeli.

Dalam hal distributor atau reseller asli tidak ada lagi atau berurusan dengan produk RM, RM Costruzioni Elet-troniche srl akan mengomunikasikan distributor atau reseller terdekat untuk menggunakan, atau dalam hal ini tidak memungkinkan atau nyaman, RM Costruzioni Elettroniche srl akan menghormati garansi secara langsung.

Jika ada perbaikan yang dilakukan di luar pusat layanan yang disetujui, ini akan membatalkan garansi dan RM Costruzioni Elettroniche srl tidak akan bertanggung jawab atas biaya yang timbul. Garansi hanya akan berlaku jika amplifier telah digunakan untuk tujuan yang dimaksudkan seperti yang dijelaskan dalam panduan pengguna ini, bahwa amplifier dikembalikan dengan tanda terima pembelian aslinya, dikembalikan dalam wadah kemasan aslinya, bahwa nomor seri dapat dibaca, tidak berubah dan bahwa segel garansi tetap utuh.

Garansi tidak mencakup transistor daya MOSFET atau kerusakan estetika apa pun.

Setiap perubahan garansi baik oleh hukum setempat atau yang dibuat oleh distributor atau reseller langsung dengan klien akan menjadi tanggung jawab distributor atau reseller dan bukan oleh RM Costruzioni Elettroniche srl. Dalam hal terjadi perselisihan antara para pihak yang mengakibatkan tindakan hukum. Ini akan disepakati untuk diselesaikan di pengadilan di Bologna (Italia).

BACK TO TOP