Panduan Pemasangan Amplifier Radio Di Mobil, Petunjuk Untuk Memasang Kabel Amp

Panduan Pemasangan Amplifier Radio Di Mobil Dengan Kabel Amp

Panduan Pemasangan Amplifier Radio Di Mobil Dengan Kabel Amp – Panduan pemasangan ini menawarkan contoh pemasangan dan tata letak amplifier. Spesifik pemasangan akan tergantung pada merek dan gaya bodi kendaraan Anda dan peralatan yang Anda beli.

Panduan Pemasangan Amplifier Radio Di Mobil, Petunjuk Untuk Memasang Kabel AmpPanduan Pemasangan Amplifier Radio Di Mobil, Petunjuk Untuk Memasang Kabel Amp

rfconcepts.com – Sebelum melalui panduan yang lebih mendetail ini, Anda mungkin ingin menonton video pemasangan amplifier kami untuk mendapatkan gambaran umum tentang apa yang terlibat:
Pertimbangan awal.

Sebelum kita masuk ke instalasi, mari kita bicara tentang beberapa detailnya:

– Aksesori instalasi apa yang Anda butuhkan?
– Di mana Anda harus meletakkan amp?
– Bagaimana dan apa yang Anda bongkar untuk menjalankan kabel?

Kabel dan aksesori apa yang saya butuhkan?

Amplifier mobil tidak disertakan dengan kabel apa pun. Anda harus menyediakan kabel daya dan ground amp, sekering inline, kabel turn-on jarak jauh, kabel RCA, dan kabel speaker.

Kabel listrik dan ground

Dilansir dari kompas.com, Kabel daya dan ground harus cukup tebal untuk mengakomodasi permintaan arus listrik amp atau amp tidak akan beroperasi dengan benar atau mengeluarkan daya pengenalnya.

Instruksi amp Anda akan menyertakan rekomendasi tentang ukuran kawat yang akan digunakan. Atau, Anda dapat melihat Cara menentukan ukuran kawat terbaik untuk membantu melakukannya sendiri. Jangan lupa untuk mengukur semua jarak terlebih dahulu, jadi Anda akan tahu berapa panjang kawat yang akan didapat.
Sekering yang akan melindungi sistem Anda.

Baca Juga : Amplifier Dan Penerima Gelombang Penguat Pada Radio

Sekering in-line pada kabel daya utama, dipasang dalam jarak enam inci atau lebih dari sambungan baterai, sangat penting untuk melindungi kabel, mobil Anda, dan Anda dari kebakaran besar jika terjadi korsleting. Setiap produsen kawat menilai kapasitas kawat mereka saat ini secara berbeda, tetapi sebagai aturan umum, untuk lari 16 hingga 20 kaki, Anda akan aman menggunakan:

– Sekering 25-amp dengan kabel 10-gauge
– Sekering 60-amp dengan kabel 8-gauge
– Sekering 100-amp dengan kabel 4-gauge
– Sekering 250-amp dengan kabel pengukur 1/0

Paket kabel amplifier

Cara termudah untuk mendapatkan barang-barang ini adalah dengan kit kabel amplifier, yang akan mencakup daya yang sesuai, ground, kabel penyalaan, dan sekering.
Kabel RCA dan kabel speaker

Kit kabel amp sering kali tidak menyertakan kabel sinyal. Amplifier Anda mendapatkan sinyal inputnya dari output receiver biasanya melalui kabel RCA. Kabel RCA datang dalam pasangan stereo, dalam berbagai panjang.

Saat menjalankan kabel speaker baru dari output amplifier Anda ke speaker, kabel ukuran apa pun dari ukuran 18 hingga 14 akan berfungsi dengan baik. (Semakin rendah angka pengukur, semakin tebal kabelnya.) Untuk subwoofer, gunakan kabel pengukur 16 hingga 12.

Lokasi yang baik untuk memasang amplifier meliputi:

– Di firewall (sisi penumpang)
– Kelebihan: Anda dapat menggunakan kabel pendek dan kabel patch. Anda tidak perlu melepas kursi atau naik ke bagasi.
– Cons: Hanya amp yang sangat kecil yang muat di sini. Ini menempatkan amp Anda dekat dengan beberapa sumber kebisingan umum.
– Di area bagasi atau palka
– Kelebihan: Banyak ruang untuk amp besar. Dekat speaker belakang. Akses mudah ke kontrol amp.
– Cons: Anda mengorbankan beberapa ruang kargo. Diperlukan kabel dan kabel patch yang lebih panjang.
– Di bawah kursi
– Kelebihan: Lebih dekat ke penerima, sehingga Anda dapat menggunakan kabel patch dan kabel sinyal yang lebih pendek, yang kurang rentan terhadap noise dan penurunan sinyal. Lebih dekat ke speaker depan, jadi menjalankan kabel ke mereka akan lebih mudah. Tidak ada ruang kargo yang dikorbankan.
– Cons: Anda mungkin harus melepas kursi untuk melakukan pemasangan. Peringatan: melepas kursi Anda dapat menonaktifkan sistem SRS (airbag) kendaraan Anda. Hanya amp kecil yang cocok. Amp harus dilindungi dari air dari hujan atau salju yang dibawa masuk ke dalam sepatu.

Di mana saya menjalankan kabel untuk amp saya?

Semua kabel sistem harus disembunyikan untuk keamanan, dan untuk memberikan instalasi Anda tampilan yang bagus dan selesai. Kabel harus diamankan agar tidak mengganggu pengoperasian kendaraan yang aman. Tergantung pada lokasi yang Anda pilih untuk amplifier Anda, kabel mungkin perlu dijalankan di bawah dasbor, pelat lecet pintu, trimpanel pilar, atau kickpanel.

Petunjuk di bawah ini membahas, secara umum, panel mana yang mungkin perlu dilepas dan bagaimana panel tersebut biasanya lepas. Seringkali, panel dapat dicungkil di tepinya. Anda mungkin juga perlu melepas beberapa sekrup dan klip penahan. Untuk mencegah kerusakan, selalu berhati-hatilah saat melepas panel — alat panel sangat membantu.
Melepas pelat lecet pintu door

Pelat biasanya dilepas dengan mencongkel ujungnya untuk melepaskan klip. Beberapa kendaraan akan memiliki sekrup yang perlu dilepas.
Melepas sabuk pengaman seat

Sabuk pengaman mungkin terletak di panel yang perlu dilepas. Sebagian besar penutup jangkar sabuk pengaman terlepas. Jangkar sabuk pengaman diamankan dengan mur atau baut besar.
Melepaskan trimpanel pilar

Lepaskan sabuk pengaman jika ada. Lepaskan penutup sekrup, sekrup, dan klip penahan plastik jika ada. Cungkil tepi panel untuk melepasnya.

Menghapus kickpanel

Cari sekrup dan klip penahan yang bisa dilepas untuk dilepas. Cungkil tepi panel untuk melepaskan dan melepasnya.

Kabel perutean di belakang dasbor

Saat merutekan kabel di belakang atau di bawah dasbor, selalu kencangkan dengan pengikat kawat plastik. Pastikan kabel tidak mengganggu bagian yang bergerak untuk memastikan pengoperasian kendaraan yang aman.

Saatnya memasang amplifier

Dengan latar belakang yang tertutup, saatnya untuk mulai bekerja. Kumpulkan perlengkapan dan peralatan Anda, mungkin teman dan soda, dan beri diri Anda banyak waktu.
Langkah 1 — Lepaskan baterai

Setel rem parkir dan lepaskan terminal negatif dari baterai Anda untuk mencegah korsleting atau kejutan listrik.
Langkah 2 — Pasang amplifier

Pasang amplifier Anda di lokasi yang Anda pilih.
Langkah 3 — Pasang kabel daya

Kabel daya dari kit pengkabelan amp Anda (biasanya panjangnya 16-20 kaki) perlu dijalankan dari baterai, melalui firewall mobil Anda, melalui badan mobil ke amp. Temukan grommet yang tidak digunakan di firewall atau yang sudah memiliki kabel atau kabel yang melewatinya dan yang memiliki cukup ruang untuk kabel listrik untuk masuk juga.

Jika Anda tidak dapat menemukan grommet yang ada, Anda harus mengebor lubang melalui firewall. Pastikan Anda tidak mengebor saluran listrik atau gas apa pun — periksa kedua sisi firewall. Gunakan grommet untuk melindungi kabel Anda agar tidak berjumbai dan korslet saat melewati lubang.
Langkah 4 — Pasang dudukan sekering

Kabel daya dari kit kabel amp Anda mungkin memiliki dudukan sekering yang terpasang. Jika demikian, lanjutkan ke Langkah 5. Jika tidak, temukan tempat yang bagus di dekat baterai Anda untuk menempatkan dudukan sekering Anda (termasuk dalam kit) — kurang dari 6″ dari baterai adalah yang terbaik.

Waspadalah: bahkan setelah sekering putus , kabel pendek antara baterai dan dudukan sekring akan tetap hidup dan berpotensi bahaya kebakaran jika terjadi kecelakaan. Jangkar dudukan sekering ke tempat yang sesuai dengan sekrup atau pengikat kabel, sehingga tidak menggantung longgar atau terpental.

Potong bagian pendek dari ujung kabel listrik (untuk menutupi jarak dari baterai ke lokasi dudukan sekering), dan lepaskan insulasi dari kedua ujungnya dengan stripper kawat. Jepit cincin terminal (disertakan dalam kit) ke salah satu ujung kabel pendek, dan pasang dudukan sekering ke ujung lainnya. Lepaskan isolasi dari ujung kabel listrik yang mengarah ke kompartemen penumpang, dan hubungkan ke ujung lain dari dudukan sekering.

Instalasi multi-amp

Saat menyalakan beberapa amplifier, Anda menjalankan satu kabel daya pengukur berat dari baterai Anda ke blok distribusi, lalu sambungkan kabel pengukur yang lebih ringan dari blok ke setiap amplifier.

Pengaturan ini meminimalkan potensi masalah kebisingan dan membuat instalasi Anda terlihat rapi. Pastikan kabel daya utama cukup tebal sehingga dapat menangani penarikan arus total semua amplifier.

Lihat diagram pengkabelan amplifier kami untuk melihat bagaimana pengkabelan terhubung dalam sistem 2-amp yang khas.

Langkah 5 — Hubungkan kabel listrik

Pasang kabel daya ke terminal positif baterai (tidak langsung ke tiang baterai itu sendiri). Untuk tiang baterai yang dipasang di atas, cara paling umum untuk melakukannya adalah dengan mengeritingkan terminal cincin ke ujung kabel daya (banyak kabel dalam kit pengkabelan sudah terpasang).

Lepaskan mur terminal baterai, selipkan cincin kabel daya di atas baut yang menahan terminal baterai ke tiang baterai, dan pasang kembali mur. Untuk kendaraan GM dengan tiang penyangga samping, kami menawarkan adaptor terminal yang berfungsi dengan baik.

Alat tenun kawat memberikan perlindungan tambahan untuk kawat Anda terhadap panas tinggi di dalam kompartemen mesin. Jika kit Anda termasuk alat tenun kawat, masukkan ke kabel daya hingga mencapai firewall dan potong agar pas. Masukkan potongan lain di atas kabel daya pendek yang mengalir dari dudukan sekering ke baterai.

Langkah 6 — Kabel ground: koneksi terpenting dari semuanya

Sedekat mungkin dengan lokasi amplifier, temukan baut pada rangka logam kendaraan Anda untuk digunakan sebagai ground. Jika Anda tidak dapat menemukan sekrup atau baut ground yang nyaman, bor lubang untuk satu — berhati-hatilah agar tidak mengebor kabel apa pun, tangki bensin, atau saluran gas atau rem. Crimp terminal ring (biasanya disertakan dengan kit amp) ke bagian pendek kabel ground (juga dalam kit).

Gosok semua cat dan bersihkan lokasi baut secara menyeluruh, lalu kencangkan terminal ke sasis logam kendaraan sehingga sambungan arde akan menjadi logam kosong ke logam kosong. Gunakan mesin cuci kunci, mesin cuci bintang, sekrup tambahan, dan teknik atau perangkat lain apa pun yang akan menjaga sambungan ini tetap kencang, bersih, dan menghantarkan listrik. Banyak orang bahkan melapisi sambungan akhir dengan dempul silikon untuk mencegah korosi.

Langkah 7 — Pasang kabel pengaktifan jarak jauh

Kabel penyalaan (juga disebut kabel jarak jauh) terletak di belakang stereo. Pada stereo aftermarket, biasanya kabel biru dan putih. Kabel jarak jauh akan “memberi tahu” amplifier Anda untuk menyala setiap kali stereo dinyalakan (biasanya, setiap kali kendaraan dihidupkan).

Anda harus melepas stereo untuk mendapatkan kabel ini. Untuk petunjuk langkah demi langkah tentang cara melepas radio kendaraan Anda, lihat Crutchfield MasterSheet™ khusus kendaraan Anda, atau baca panduan pemasangan stereo Mobil kami.

Lepaskan insulasi dari bagian kecil kabel ini yang berasal dari radio dan kabel penyalaan yang disertakan dengan kit kabel Anda dan hubungkan bersama-sama melalui solder, konektor crimp, atau Konektor Posi.

Sinyal nyala adalah +12 volt DC. Jika, seperti radio pabrik, radio Anda tidak memiliki output pengaktifan jarak jauh, maka Anda bisa mendapatkan sinyal pengaktifan dari kotak sekering kendaraan Anda.

Karena permintaan arusnya yang rendah, Anda dapat menghubungkan kabel pengaktifan ke hampir semua terminal keluaran yang menyatu, seperti terminal untuk radio itu sendiri misalnya, selama hanya menyala saat kendaraan menyala. Menggunakan konektor Add A Fuse plus fuse 2A hingga 10A akan membuat koneksi ini lebih mudah.

Anda harus merutekan kabel pengaktifan ke amplifier Anda melalui bodi mobil — seringkali paling mudah untuk mengarahkan kabel pengaktifan dengan kabel RCA (langkah berikutnya), tetapi Anda juga dapat merutekannya dengan kabel daya setelah kabel tersebut lewat melalui firewall. Kabel daya dan RCA harus berjalan di sisi yang berlawanan dari kendaraan, untuk mengurangi kebisingan — tetapi tidak masalah untuk arus rendah lead-on.

Langkah 8 — Membuat koneksi sinyal

Jika penerima in-dash Anda memiliki output preamp (RCA), sambungkan kabel patch RCA Anda ke sana. Rutekan kabel tambalan ke sisi berlawanan dari kendaraan dari kabel daya. Sangat penting untuk memisahkan kabel patch dari kabel listrik sebanyak mungkin untuk menghindari potensi masalah kebisingan. Sekarang Anda dapat menginstal ulang sebagian radio di dasbor. Hindari menginstal ulang sepenuhnya jika Anda bisa, jika Anda perlu memperbaiki masalah nanti.

Jika Anda menggunakan radio pabrik tanpa output RCA, Anda bisa mendapatkan sinyal input amplifier dari kabel speaker pabrik. Speaker akan mendapatkan sinyalnya dari amplifier baru — yang membuat output radio tersedia untuk digunakan sebagai input amp.

Ada dua cara untuk melakukannya: dapatkan line output converter (LOC) yang akan menyesuaikan sinyal level speaker untuk input amp Anda, atau dapatkan amplifier dengan input level speaker. Anda memotong kabel speaker pabrik di belakang radio, dan menghubungkan kabel yang berasal dari radio ke input LOC atau amp Anda.

Langkah 9 — Kabel speaker

Sekarang Anda harus menyediakan cara agar musik dapat mengalir dari amp baru Anda ke speaker. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menjalankan kabel speaker baru dari setiap output amplifier ke setiap speaker.

Gunakan kabel 14- atau 16-gauge untuk speaker, 12- atau 14-gauge untuk subwoofer. Sinyal tingkat speaker tidak terlalu rentan terhadap gangguan, jadi tidak apa-apa untuk menjalankan kabel speaker Anda di dekat kabel daya.

Anda harus menjalankan setiap kabel untuk speaker pintu Anda melalui paking karet atau boot di sekitar engsel, untuk melindungi kabel dari cuaca atau terjepit di pintu. Mungkin ada sumbat Molex atau penghalang serupa yang menghalangi jalan, tetapi Anda biasanya dapat menemukan tempat untuk mengebor lubang yang cukup besar untuk memasukkan kabel Anda. Lepaskan atau potong kabel speaker pabrik dan sambungkan kabel baru langsung ke setiap terminal speaker.

Penting bagi Anda untuk menjaga polaritas kabel speaker Anda tetap lurus. Ini berarti bahwa setiap terminal positif amp terhubung ke terminal positif speaker — dan hal yang sama berlaku untuk terminal negatif.

Ini memastikan bahwa speaker Anda akan beroperasi dalam fase mekanis — semua kerucut speaker bergerak ke arah yang sama dengan jenis sinyal yang sama — dan akan terdengar seimbang saat diputar bersama. Terminal positif dan negatif dari setiap speaker harus diberi label, tetapi jika tidak, terminal positif biasanya akan lebih lebar dari terminal negatif.

Gunakan kabel speaker pabrik Anda

Cara lain dan jauh lebih nyaman untuk mengirim sinyal bertenaga dari amp ke speaker Anda adalah dengan menjalankan kabel speaker ke harness yang ada di belakang receiver Anda, di mana semua koneksi speaker mobil Anda dapat diakses di satu tempat.

Anda memotong setiap kabel speaker dari harness penerima dan menyambungkannya kembali ke kabel speaker yang berasal dari amp. Kemudian, sinyal dapat mengalir dari ampli ke speaker melalui kabel asli pabrikan kendaraan.

Teknik ini akan bekerja dengan baik dalam sistem dengan daya hingga 75 watt RMS per saluran — tetapi untuk sistem yang lebih bertenaga, akan lebih baik untuk menjalankan kabel speaker baru langsung dari ampli ke setiap speaker.

Langkah 10 — Hubungkan semua kabel

Tirai atau potong setiap kabel dengan rapi dan sambungkan ke amp. Buat kurva lembut dengan kabel, bukan tikungan tajam yang bisa menjepit. Banyak orang memotong celah kecil di karpet kendaraan mereka dan memasang kabel di bawahnya, untuk instalasi tersembunyi yang terlihat rapi dari pabrik. Ular kabel sangat berguna untuk ini. Rekatkan kabel Anda ke ular, pancing ke bawah dan ke mana Anda ingin kabel Anda pergi, dan tarik melaluinya.

Langkah 11 — Menyalakannya

Periksa semua kabel Anda, dari baterai dan penerima ke amp dan speaker, pastikan setiap koneksi kencang dan aman tanpa untaian kabel yang terbentang yang dapat menyebabkan korsleting. Terutama, periksa apakah sambungan arde sudah kencang dan aman.

Atur semua penguatan amplifier ke minimum, dan matikan semua filter dan bass boost atau EQ yang mungkin dimilikinya. Pastikan sekring utama terpasang dengan benar pada dudukannya. Kemudian, sambungkan kembali kabel aki negatif mobil Anda.

Baca Juga : 10 Stasiun Radio Musik Terbaik di Seluruh Dunia

Nyalakan mobil Anda, lalu nyalakan radio. Pastikan amplifier menyala (mungkin akan ada lampu indikator di suatu tempat). Putar musik dan besarkan volumenya cukup keras untuk didengar.

Sekarang verifikasi bahwa suara berasal dari setiap speaker dan/atau subwoofer di sistem Anda. Jika semuanya terdengar benar, Anda dapat menyelesaikan pemasangan ulang stereo dan semua panel kendaraan Anda, lalu lanjutkan ke langkah 12.

Langkah 12 — Mengatur penguatan amp

Mengatur penguatan amplifier Anda, atau sensitivitas input, mencocokkan level input amp dengan level output receiver, menghasilkan musik bebas distorsi maksimum dan kebisingan latar belakang minimum.

Untuk penjelasan terperinci tentang cara melakukan ini, baca artikel kami tentang mengatur penguatan pada amplifier 4 saluran. Jika Anda memasang amp untuk subwoofer, baca Cara menyetel subwoofer Anda. Pendekatannya sama, kami hanya menyesuaikan penjelasan untuk setiap situasi.

BACK TO TOP Rfconcepts - Jual Produk Radio Dan Amplifier