Daftar Radio Portable Terbaik Rekomendasi 2021

Daftar Radio Portable Terbaik Rekomendasi 2021

Daftar Radio Portable Terbaik Rekomendasi 2021Penyiaran dapat dikatakan sebagai media komunikasi satu arah yang sangat sukses di tahun 90-an, di mana Anda dapat memilih saluran untuk mendengarkan lagu favorit atau berita terbaru sesuai dengan preferensi dan preferensi Anda.

Daftar Radio Portable Terbaik Rekomendasi 2021Daftar Radio Portable Terbaik Rekomendasi 2021

rfconcepts.com – Bagi Anda dan yang masih setia serta menyukai bentuk fisik penyiaran, bukan hanya yang melamar formulir, maka berikut ulasan 9 besar penyiaran terbaik dan berkualitas di Indonesia semoga bermanfaat.

Apa itu stasiun radio?

Dilansir kompas.com Radio sebenarnya mengacu pada penyiaran atau pengiriman pesan suara atau suara melalui udara. Radio juga digunakan untuk merujuk pada perangkat elektronik yang dapat menerima sinyal siaran satu arah melalui media suara tanpa gambar, sinyal tersebut biasanya untuk keperluan hiburan, seperti musik, berita, pengiriman salam, dan media promosi. Sejauh informasi kami, TV rumah yang sering kami tonton juga menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan informasi dalam bentuk gambar dan suara.

Baca Juga : Radio Antik Yang Masih Banyak Dicari Oleh Kolektor

Apa itu siaran radio?

Penyiaran radio adalah kegiatan pengiriman pesan suara ke banyak penerima sekaligus melalui gelombang radio. Jenis sinyal radio siaran dapat berupa analog atau digital, dan dapat disalurkan melalui berbagai media transmisi, seperti radio kabel, jaringan TV kabel lokal, radio satelit, dan radio internet.

10 stasiun radio kualitas terbaik di Indonesia

Berikut adalah 9 radio kualitas terbaik di Indonesia yang diurutkan dari harga tertinggi hingga terendah dan detail ukuran, sumber daya, dan keunggulan khusus dari masing-masing radio.

1. Radio multi-band Toshiba TY-HRU30

Radio multi-band Toshiba TY-HRU30 adalah radio portabel dengan dimensi 22 cm × 7,2 cm × 11,9 cm dan dapat dioperasikan dengan daya baterai AC. Radio multi-band Toshiba TY-HRU30 dilengkapi dengan port USB, memungkinkan Anda memutar lagu favorit dengan mudah dari flash drive. Produk terbaik dari Tosbhiba bisa kamu beli dengan harga Rp 415.000.

2. Radio portabel Sony ICF-306

Radio portable Sony ICF-306 dapat bekerja dengan dua buah baterai AA dan dapat digunakan hingga 110 jam tanpa perlu diganti, sangat irit dan sangat cocok bagi yang malas membuka penutup dan mengganti baterainya. Radio portabel Sony ICF-306 berukuran 19 cm × 9,7 cm × 5,1 cm dengan harga Rp 370.000.

3. Radio portabel darurat AM FM WB tahan air

Radio kedap air AM FM WB darurat portabel ini berukuran panjang 12,8 cm × 6 cm × 4 cm.Seperti namanya, ini adalah perangkat tahan air, jadi Anda tidak perlu khawatir akan hujan atau secara tidak sengaja menjatuhkan radio ke dalam air.

Perangkat kedap air darurat radio portabel AM FM WB juga memiliki fungsi hand split, yang dapat digunakan untuk menyalakan radio selama 5 menit dalam 1 lingkaran. Radio ini dibandrol dengan harga Rp 295.000 dan dilengkapi dengan senter, yang bisa lebih berperan di kegelapan.

4. Speaker mini portabel radio L-288

Ukuran desain radio portable mini speaker L-288 adalah 17,8 cm × 6,6 cm × 2,7 cm. Tidak hanya menyediakan port USB untuk memutar lagu yang disimpan di flash drive, tetapi juga menyediakan slot micro SD bagi yang suka. Data lagu disimpan di micro SD ponsel.

Isi radio juga bisa lewat kabel USB, dan harganya lebih murah dibanding radio multi-band Toshiba TY-HRU30 yang hanya Rp 259.400.

5. Kabel radio TSR-909

Puluhan radio TSR-909 merupakan radio dengan sensitivitas tinggi, sehingga dapat menerima siaran dari luar negeri. Radio berukuran 20,8 cm × 12,4 cm × 5,2 cm ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau yaitu Rs 225.000.

6. Radio portabel Hi-Rice SD-102

Dengan fungsi tampilan digital fluorescent, radio portabel Hi-Rice SD-102 memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melihat informasi di radio, termasuk melihat saluran dengan jelas, volume dan daftar lagu di tempat-tempat gelap. Radio portabel Hi-Rice SD-102 juga dilengkapi dengan stereo built-in, sehingga dapat menghasilkan suara yang mengagumkan tanpa mengganggu pendengaran. Harga radionya Rp 199.000 dan ukurannya 12,8 cm × 6,2 cm × 1,7 cm.

7. Toshiba Pocket Radio TX-PR20

Dengan memberikan variasi warna untuk berinovasi, Toshiba Pocket Radio TX-PR20 memiliki daya tarik tersendiri bagi penyuka radio. Ada lima warna yang bisa dipilih, yaitu hitam, biru, hijau, pink dan merah. Cukup dengan menyiapkan 150000 rupiah, maka anda sudah bisa memiliki Toshiba Pocket Radio TX-PR20 ini berukuran 12.1 cm × 3.3 cm × 7 cm.

8. Pemutar radio portabel Rolton W405

Dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu 127.500, Rolton W405 Portable Radio Player menawarkan layar digital yang menarik dan elegan dengan desain yang ramping, membuat Anda menjadi lebih fashionable saat berjalan-jalan di radio ini seperti di era 80-an. Headunit portabel Rolton W405 berukuran 12,3cm x 3,2cm x 6,7cm, sangat kecil dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

9. Radio portabel internasional CR-4250

International Radio Portable CR-4250 memiliki design antik dengan nuansa vintage, cocok untuk pecinta barang vintage. International Radio Portable CR-4250 pasti akan mempercantik dekorasi rumah Anda. International Radio Portable CR-4250 ditenagai oleh kabel dan baterai kering. Berukuran 21cm x 12cm x 6.5cm, Anda dapat memiliki Radio Portabel Internasional CR-4250 hanya dengan Rs 75.000.

Apa perbedaan antara Siaran Analog dan Siaran Digital?

Prinsip kerja radio analog adalah memancarkan sinyal radio melalui gelombang data kontinu, yang menggunakan dua karakteristik modulasi, yaitu modulasi amplitudo (AM) dan modulasi frekuensi (FM). Pada saat yang sama, radio digital merupakan pengembangan dari radio analog, dan prinsip kerjanya adalah mengubah sinyal analog menjadi sinyal biner, yang berubah sesuai dengan ukuran sinyal analog yang ditangkap oleh pemancar digital. Di Indonesia range frekuensi penyiaran analog FM adalah 359 KHz sedangkan range frekuensi penyiaran digital adalah 60 KHz.

Mengapa siaran digital lebih baik daripada siaran analog?

Karena radio digital merupakan pengembangan dari radio analog maka kualitas suara yang dihasilkan radio digital lebih baik karena dapat menahan interferensi (noise) dari gelombang radio lain yang merupakan masalah utama yang sering menimbulkan interferensi saat menggunakan radio analog. Radio digital juga memiliki sinyal yang lebih stabil dan kecepatan transmisi yang lebih cepat, serta dapat menjangkau daerah terpencil.

Tips membeli radio terbaik

Pilih radio dengan sensitivitas tinggi

Radio dengan sensitivitas tinggi akan memudahkan kita untuk membawanya ke daerah terpencil atau daerah pegunungan yang sinyalnya sulit dijangkau. Saat ini, banyak radio tidak mahal dan memiliki sensitivitas rendah, sehingga hanya dapat digunakan di lantai atas kota atau gedung untuk menerima sinyal.

Sayangnya, produk radio yang dijual di Indonesia jarang menunjukkan kualitas sinyal yang ditangkap dari pemancar atau tingkat sensitivitas pemancar, jadi sebaiknya cek dulu review jenis radio yang dipilih di Internet sebelum membeli. Agar tidak kecewa.
Pilih jenis radio sesuai kebutuhan dan selera Anda

Karena banyaknya jenis radio yang ada di pasaran, maka kita sebagai konsumen harus dengan bijak memilih radio yang sesuai dengan zaman kita.

Misalnya, bila tujuan kita membeli radio hanya untuk mendengarkan saluran pada frekuensi AM / FM, tentu kita tidak perlu membeli radio dengan pemutar CD, pemutar DVD, atau tape recorder. Namun, bagi mereka yang menyukai perangkat multifungsi, menggabungkan radio dengan fungsi game multipemain adalah pilihan yang tepat Membeli radio yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan mempermudah pengeluaran Anda.

Sesuaikan ukuran dan volume suara

Jika Anda termasuk orang yang suka mendengarkan radio di rumah sambil mengerjakan tugas sekolah atau membersihkan ruangan, sebaiknya beli radio berkapasitas besar agar Anda tetap bisa mendengarkan radio dari sudut manapun di rumah. Di sisi lain, jika Anda termasuk orang yang suka berpergian dan menggunakan radio sebagai pendamping perjalanan, maka radio kecil dengan output headphone akan sangat cocok. Semakin besar ukuran radio, semakin banyak volume yang Anda dapatkan.

Pilih sesuai sumber daya

Ada tiga pilihan utama untuk menghidupkan daya radio, yaitu daya baterai, daya AC melalui kabel (metode konvensional) dan melalui port USB. Bahkan beberapa siaran radio menggunakan energi matahari sebagai salah satu pengembangan kreatif dalam pemanfaatan sumber daya alam dan ramah lingkungan. Pilih radio dengan sumber daya yang paling sesuai dan sederhana sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daftar Radio Portable Terbaik Rekomendasi 2021Daftar Radio Portable Terbaik Rekomendasi 2021

Pertimbangkan harganya

Ada banyak pilihan radio dengan kelengkapan dan kerumitan teknis yang beragam, dan harganya juga menyertainya. Namun, jangan khawatir untuk menyiapkan jumlah minimal yang dibutuhkan untuk memiliki radio, karena Anda bisa membelinya seharga 100.000 rupee (atau bahkan nol rupee) dengan mengunduh aplikasi radio online di Play Store.

Baca Juga : Stasiun Radio Tertua di Amerika, KDKA (AM)

Lihat fitur tambahan lainnya

Beberapa fitur tambahan, seperti USB charging, USB port atau slot micro SD, headphone output, LED display dan tape recorder, merupakan beberapa fungsi radio yang dapat memudahkan penggunaan dan memberi Anda berbagai pilihan untuk menggunakan radio. Fitur mobilisasi lainnya, seperti roda gulir di bawah radio besar atau tali tangan radio kecil, memudahkan Anda untuk memindahkan atau membawa radio bersama Anda.

 

BACK TO TOP Rfconcepts - Jual Produk Radio Dan Amplifier