Radio Antik Yang Masik Banyak Dicari Oleh Kolektor

Radio Antik Yang Masih Banyak Dicari Oleh Kolektor

Radio Antik Yang Masih Banyak Dicari Oleh KolektorRadio adalah alat komunikasi yang hanya menghasilkan suara. Oleh karena itu, dalam perkembangan perangkat digital, radio telah tertinggal jauh. Selain harga, hal ini juga disebabkan oleh perkembangan teknologi yang lamban, sehingga banyak penggunaan penyiaran ditinggalkan.

Radio Antik Yang Masih Banyak Dicari Oleh KolektorRadio Antik Yang Masik Banyak Dicari Oleh Kolektor

Rfconcepts.com – Sinyal radio dan teknologi komunikasi menggunakan gelombang radio. Gelombang radio adalah gelombang dengan frekuensi elektromagnetik antara 30 Hz hingga 300 GHz. Gelombang ini dihasilkan dari perangkat elektronik yang disebut pemancar, yang dihubungkan ke antena yang memancarkan gelombang dan diterima oleh antena lain yang terhubung ke penerima radio. Radio banyak digunakan dalam teknologi modern, termasuk media komunikasi, radar, navigasi radio, kendali jarak jauh, penginderaan jauh dan aplikasi lainnya.

Menurut sejarah penemuan, radio pertama kali digunakan di Inggris dan Amerika Serikat. Donald Mc Nicol (Donald Mc Nicol) mengatakan dalam buku “The Conquest of Space by Radio” bahwa Dane mulai menaklukkan luar angkasa dengan radio pada tahun 1802, ketika ia menggunakan alat sederhana berupa kawat. Sebuah pesan ditemukan dalam jarak dekat dilasir kompas.com.

Sedangkan perkembangan radio adalah sebagai berikut:

1. Radio Marconi

Radio dibuat pada tahun 1895 oleh Guglielmo Marconi, seorang keturunan Amerika tapi Italia yang memegang hak paten untuk penemuan radio. Tentunya dibandingkan dengan radio masa kini, Radio Marconi memiliki banyak kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah karena bobotnya yang berat, radio hanya bisa menjangkau sinyal radio dalam radius 1,5 kilometer saja.

Baca Juga : Mengenal Tentang Apa Itu Radio Dengan Sejarahnya

sejarah

Guglielmo Marconi ini adalah seorang yang berkerja pada insinyur listrik diItalia dan pemenang Hadiah Nobel untuk pengembangan apa yang disebut “radio” Sistem telegraf nirkabel terkenal. Pada tahun 1909, dia menerima buku itu dari Karl Braun. Guglielmo Marconi ini lahir pada tanggal 25 April 1874 dan meninggal pada tanggal 20 Juli 1937, pada dia berusia 63 tahun

Latar Belakang

Guglielmo Marconi lahir di Bologna, Italia pada tanggal 25 April 1874. Dia adalah orang Italia yang kaya dan Giuseppe Marconi keturunan Irlandia Anne Jameson. Putra kedua. Ia menyelesaikan studinya di Livorno.

Guglielmo Marconi menikahi Maria Cristina Bezzi-Scali pada tanggal 15 Juni 1927 dan memiliki seorang putri bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi. Marconi meninggal di Roma, Italia pada tanggal 20 Juli 1937.

2. Radio Triplex

Radio plywood terbuat dari tripleks dan memiliki bentuk persegi. Radio memiliki frekuensi menengah dan loudspeaker yang menempati 2/3 dari tampilan depan radio. Selain itu, antena memanjang ke atas. Sayangnya, antena tidak bisa dibengkokkan, tapi bisa ditekan sebentar. Kekuatan radio ini berasal dari 4 baterai besar dan hanya dapat menangkap gelombang MW dan SW. Jangan salah paham!

Bahkan di jadul, Anda masih bisa mendengarkan Radio Singapore International (RSI), BBC London, Deutsche Welle (Jerman), Voice of America (VoA) berbahasa Indonesia, stasiun-stasiun asal Washington SAR ini mengadakan siaran langsung dan internasional lainnya. siaran radio.

3. Penyiaran selama Perang Dunia Pertama

Secara visual sudah bisa diprediksi bahwa radio ini sangat berat. Tidak mudah untuk dibawa kemana-mana, dan jelas mahal. Maka, jangan heran jika hanya bangsawan yang bisa membelinya di masa kejayaan dunia penyiaran ini.

Stasiun radio berada di masa kejayaannya sekitar tahun 1914 selama Perang Dunia Pertama. Anda bahkan tidak bisa membayangkan bahwa stasiun radio yang ada saat ini sama dengan stasiun radio terkenal saat ini. Tentu ada perbedaan yang sangat besar. Saat itu, siaran yang paling sering diputar adalah lagu dan drama radio.

sejarah

Pada awal abad ke-20, para ilmuwan berusaha keras untuk menemukan radio. Bahkan ada perdebatan tentang siapa sebenarnya yang menemukan radio. Pada tahun 1893, penemu Nikolai Tesla mendemonstrasikan penyiaran nirkabel di St. Petersburg. Louis, Missouri. Meskipun demikian, Guglielmo Marconi juga adalah bapak dan penemu bisnis penyiaran, dan ini adalah orang yang paling dikenal.

Marconi ini telah dianugerahi paten telegrafi nirkabel yang pertama yang ada di Inggris pada tahun 1896, dengan demikian memastikan posisinya ini didalam sejarah sebuah radio.

Sebelum pada tahun 1920-an, radio ini terutama digunakan untuk menghubungi sebuah kapal yang ada di laut. Komunikasi pada radio ini tidak terlalu jelas terdengar, sehingga untuk para operator biasanya akan mengandalkan penggunaan sebuah pesan dengan kode Morse.

Hal ini sangat menguntungkan kapal di perairan, terutama pada situasi darurat. Dengan Perang Dunia Pertama, pentingnya radio menjadi jelas, dan kepraktisannya meningkat pesat.

Selama dalam perang, para anggota militer ini akan menggunakannya secara eksklusif, dan itu juga akan menjadi sebuah alat yang berharga untuk menerima dan juga untuk mengirim pesan ke angkatan bersenjata secara real time, tanpa memerlukan utusan fisik.

Radio Antik Yang Masih Banyak Dicari Oleh KolektorRadio Antik Yang Masih Banyak Dicari Oleh Kolektor

4. Kaset radio

Radio dapat menerima siaran frekuensi AM. Saat itu siaran frekuensi FM masih belum populer. Catu daya sudah menggunakan daya AC / DC, jadi cukup colokkan kabel ke stopkontak. Selain itu, radio kotak merupakan radio portabel era Thunderbolt yang sudah memiliki antena.

Baca juga : Kalian Freelancer? Tau Gak Di Amerika Ada Situs TaskRabbit Yang Menyediakan Kebutuhan Pasar

sejarah

Compact Cassette atau Musicassette (MC), juga biasa disebut pita kaset, pita kaset, pita kaset audio, atau hanya pita atau pita kaset, adalah format perekaman pita analog yang digunakan untuk perekaman dan pemutaran audio. Ini dikembangkan oleh Lou Ottens dan timnya di Royal Philips di Hasselt, Belanda. Diluncurkan pada September 1963. Kaset kecil tersedia dalam dua bentuk, baik kaset pra-rekaman (Musicassette) atau kaset “kosong” yang dapat direkam sepenuhnya. Kedua bentuk tersebut dapat dibalik oleh pengguna.

Teknologi kaset kompak pada awalnya dirancang untuk mesin dikte, tetapi peningkatan kesetiaan telah menghasilkan kaset kompak menggantikan kaset stereo 8-track dan tape-to-reel tape di sebagian besar aplikasi non-profesional. Penggunaannya berkisar dari audio portabel hingga perekaman rumah, hingga penyimpanan data di komputer mikro awal.

Pada tahun 1968, pemutar kaset pertama (meskipun mono) yang dirancang untuk digunakan di dasbor mobil diperkenalkan. Dari awal 1970-an hingga pertengahan 2000-an, kaset adalah salah satu dari dua format yang paling umum untuk merekam musik, pertama dengan rekaman LP dan kemudian CD.

Kaset kecil berisi dua rol mikro, dan film plastik berbasis poliester (selotip) yang dilapisi dengan lapisan magnetis yang melewati antara dua rol mikro. Gulungan ini dan bagian yang menyertainya dikemas dalam wadah plastik pelindung berukuran maksimum 10 cm x 6,3 cm x 1,3 cm (4 x 2,5 x 0,5 inci). Pita itu sendiri sering disebut sebagai pita “kedelapan inci”, dan lebarnya harus 1⁄8 inci (3,17 mm), tetapi sedikit lebih besar: lebar 0,15 inci (3,81 mm).

Ada dua pasang trek stereo (total empat) atau dua trek audio mono pada kaset. Ketika kaset bergerak ke satu arah, pasangan stereo atau trek mono dimainkan atau direkam, dan ketika kaset bergerak ke arah lain, pasangan stereo atau trek mono dimainkan atau direkam. Pembalikan ini dapat dicapai dengan membalikkan pita atau membalik gerakan pita ketika mekanisme mendeteksi bahwa pita telah berakhir (“mundur otomatis”).

Sebelum kotak kertas kecil

Pada tahun 1935, AEG merilis perekam baris-ke-baris pertama dengan nama komersial “Magnetophon”. Ini didasarkan pada pita magnetik yang ditemukan oleh Fritz Pfleumer pada tahun 1928. Mesin ini sangat mahal dan relatif sulit digunakan, sehingga biasanya digunakan oleh para profesional di stasiun radio dan studio rekaman.

Setelah Perang Dunia Kedua, teknologi rekaman kaset melonjak di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, Ampex memulai produksi komersial perekam kaset menggunakan peralatan yang diperoleh di Jerman sebagai titik awal. Alat perekam pada awalnya digunakan di studio rekaman untuk merekam program radio, tetapi segera menemukan cara untuk memasuki sekolah dan rumah.

Pada tahun 1953, 1 juta rumah tangga di Amerika Serikat memiliki tape drive.
Setelah 4 tahun pengembangan, pada tahun 1958, RCA Victor memperkenalkan pita kaset RCA stereo seperempat inci, reversibel, reel-to-reel. Kasetnya sangat besar (5 × 7 inci, atau 13 × 20 cm), dan disediakan beberapa kaset prarekam. Bahkan dengan banyak versi, gagal.

Konsumen mulai menggunakan tape drive pada awal 1960-an, dan sejak itu, pemain telah mencapai desain yang nyaman dan ramah pengguna. Ini karena pengenalan transistor, yang menggantikan tabung vakum besar, rapuh dan mahal yang dirancang sebelumnya. Pita reel-to-reel kemudian lebih cocok untuk digunakan di rumah, tetapi masih merupakan produk esoterik.

5. Radio Phillips Wood

Radio kayu Philips diperkenalkan sekitar tahun 1939 selama Perang Dunia Kedua. Jenis radio ini sedikit lebih kecil. Meski ukurannya kecil, radio antik ini memiliki berat 18 kilogram. Panjangnya 60 cm dan tinggi 55 cm. Komponen di radio ini berat. Dalam keadaan rusak. Harga radio ini bisa mencapai Rp1,5 juta.

sejarah

Philco (sebelumnya Helios Electric Company, berganti nama menjadi Philadelphia Storage Battery Company) adalah pelopor dalam produksi baterai, radio, dan televisi. Pada tahun 1961, perusahaan diakuisisi oleh Ford dan dinamai Philco-Ford pada tahun 1966. Ford menjual perusahaan ke GTE pada tahun 1974 dan diakuisisi oleh Philips pada tahun 1981. Di Amerika Utara, merek Philco saat ini dimiliki oleh Philips. Di pasar lain, merek Philco International dimiliki oleh Electrolux.

Pada awal 1920-an, Philco memproduksi baterai, perangkat pelepas “soket listrik” (trafo plug-in) dan pengisi daya baterai. Penemuan tabung penyearah memungkinkan penggunaan soket listrik untuk menyalakan radio Pada tahun 1928, Philco memasuki industri radio. Mereka mengikuti pabrikan radio lain seperti RCA, Atwater-Kent, Zenith Electronics, Freshman Masterpiece, FADA Radio dan AH Grebe ke dalam bisnis radio bertenaga baterai. Pada akhir tahun 1930-an, mereka telah menjual lebih banyak radio daripada pabrikan lain, dan mereka telah memegang posisi ini selama lebih dari 20 tahun.

Philco membuat banyak radio dan televisi ikonik, termasuk radio kayu berbentuk katedral klasik (alias “Baby Grand”) dari tahun 1930-an dan penerima TV Predicta dari tahun 1950-an. Philo Farnsworth menemukan sistem televisi tabung vakum elektronik dengan fungsi penuh pertama (nomor paten US1773980 diajukan pada 7 Januari 1927), dan bekerja di Philco dari tahun 1931 hingga 1933.

Philco didirikan pada tahun 1892 sebagai Perusahaan Tenaga Helios. Sejak berdirinya hingga 1904, perusahaan memproduksi lampu busur karbon. Dalam beberapa dekade terakhir abad ke-19, seiring dengan melemahnya lini bisnis, perusahaan mengalami periode yang semakin sulit. Sebagai Perusahaan Baterai Philadelphia, dia mulai memproduksi baterai mobil listrik pada tahun 1906. Kemudian, mereka memasok baterai pengisi daya rumah ke industri radio bayi. Merek dagang Philco muncul pada tahun 1919. Dari 1920 hingga 1927, semua radio ditenagai oleh baterai rumah tangga yang mahal dan sering kali berantakan.

6. Radio mini

Pada tahun 2000-an, ukuran radio menjadi semakin kecil. Sering disebut radio saku, beberapa bahkan lebih kecil dari saku baju. Asalkan digunakan dua baterai A2, catu dayanya cukup, bahkan ada yang bisa menggunakan baterai A1.Radio ini sudah bisa didengar. Ini dapat digunakan untuk frekuensi AM, FM, SW dan MW. Ada banyak versi frekuensi.

 

BACK TO TOP Rfconcepts - Jual Produk Radio Dan Amplifier